Analisis Vegetasi dan Indeks Keragaman Gulma pada Tanaman Padi (Oryza sativa L.) di Kelurahan Kawangu Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur

Viktor U. Tara Andung, Yonce M Killa, Lusia Danga Lewu

Abstract


Gulma merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di antara tanaman budidaya padi sawah yang tidak dikehendaki keberadaannya karena dapat merugikan tanaman budidaya dalam persaingan kebutuhan unsur hara yang dapat menimbulkan penurunan hasil panen petani. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis dan nilai penting gulma pada lahan tanaman padi sawah di Kelurahan Kawangu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2022. Pengambilan sampel di lakukan di 15 titik pada 3 lokasi yang berbeda yang di tentukan dengan metode purposive sampling dengan ukuran 1x1 meter. Hasil identifikasi jenis gulma secara umum terdapat 6 jenis gulma yaitu Isolepis satacea, Juncus effusus,Imperata cylindrica, Echinochloa crus-galli, Cyprus rotundus, Eichornia crassipes. Berdasarkan perhitungan nilai penting yang di peroleh 3 Jenis gulma dengan nilai tertinggi yaitu Echinochloa crus-galli (27.93%) dan gulma Cyperus rotundus (18.62%) sedangkan gulma dengan presentase kerapatan relatif terendah adalah Isolepis setacea (1.40%).

Full Text:

PDF

References


Aprilia, I., Widiarti, W., & Wijaya, I. Identifikasi Keanekaragaman Dan Dominasi Gulma Pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L) Di Kabupaten Jember.

Atmaja, T. H. W., Mudatsir, M., & Samingan, S. (2017). Pengaruh konsentrasi ekstrak etanol buah pala (Myristica fragrans) terhadap daya hambat Staphylococcus aureus. Jurnal EduBio Tropika, 5(1).

Bayinah, L. N., Pratama, R. A., & Mutal’liah, M. (2022). “Analisis Vegetasi Gulma Pada Lahan Budidaya Jagung Di Arcawinangun, Purwokerto Timur, Banyumas” Agroscript: Jurnal Of Applied Agricultural Sciences.

Desvayanti, G. (2002). Struktur dan komposisi gulma pada padi sawah dengan sistem tanam benih sebar langsung (Tabela) di Desa Pauh Kecamatan Pariaman Tengah Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi Sarjana Biologi FMIPA Universitas Andalas. Padang.

Farmanta, Y., & Hidayat, T. Kajian Pemanfaatan Paket Teknologi Mekanisasi Padi pada Lahan Sawah Irigasi dengan Kepadatan Penduduk Rendah di Provinsi Bengkulu.

Felinda, S. (2021). Etnoekologi pertanian organik oleh masyarakat Desa Seloliman Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Haryanto, D. (2017). Identifikasi Gulma Di Lahan Pertanian Padi (Oryza sativa L.) Pasang Surut di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Dan Sumbang Sihnya Pada Pokok Bahasan Keanekarangaman Hayati Kelas X Di MA/SMA.[SKRIPSI] (Doctoral dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Karenga, F., Killa, Y. M., & Kapoe, S. K. K. (2022). Analisis Vegetasi Gulma di Lahan Jagung Di Desa Umbu Pabal Selatan Kabuapten Sumba Tengah. Agriland: Jurnal Ilmu Pertanian, 10(1), 12-15.

Karenga, F., Killa, Y. M., Kapoe, K.K., & Jawang, U.P. (2022). Jenis Dan Dominasi Gulma Pada Lahan Tanaman Jagung Di Lokasi Food Estate Kabupaten Sumba Tengah. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 6(1), 26-31

Lestari, A. (2012). Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Pengetahuan Dan Tingkat Ansietas Keluarga Dalam Mera Wat Anggota Keluarga Yang Mengalami Tuberculosis Paru Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(1).

Reaser, J. K., Meyerson, L. A., Cronk, Q., De Poorter, M. A. J., Eldrege, L. G., Green, E., ... & Vaiutu, L. (2007). Ecological and socioeconomic impacts of invasive alien species in island ecosystems. Environmental Conservation, 34(2), 98-111.

Syarifah, S., Apriani, I., & Amallia, R. H. T. (2018). Identifikasi gulma tanaman padi (Oryza sativa L. var. Ciherang) Sumatara Selatan. Jurnal Biosilampari: Jurnal Biologi, 1(1), 40-44.

Suryatini, L. S. (2018). Analisis keragaman dan komposisi gulma Pada tanaman padi sawah. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 7(1), 77-89.

Wulandari, A., Rahman, F., Pujianti, N., Sari, A. R., Laily, N., Anggraini, L., ... & Prasetio, D. B. (2020). Hubungan karakteristik individu dengan pengetahuan tentang pencegahan coronavirus disease 2019 pada masyarakat di Kalimantan Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 42-46.

Yani, I. U. K., Killa, Y. M., & Kapoe, S. K. (2022). Identifikasi Jenis dan Nilai Penting Gulma Tanaman Padi Sawah di Lahan Food Estate Desa Umbu Pabal Selatan, Kabupaten Sumba Tengah. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 10(2), 291-298.

Yuliana, A. I., & Ami, M. S. (2021). Analisis Vegetasi Dan Potensi Pemanfaatan Jenis Gulma Pasca Pertanaman Jagung. Jurnal Agroteknologi Merdeka Pasuruan, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v11i1.7568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License