Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Buah Semangka (Citrullus Lanatus) Terhadap Pasar di Desa Tanah Merah Kecamatan Air Putih

Khairunnisyah Nasution, Dedi Kusbiantoro, Aulia Febrianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2023 – Juni 2023 di, Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara dengan metode analisis data. Tujuan dari penelitian kajian preferensi konsumen dalam membeli buah semangka (Citrullus Lanatus) terhadap pasar tanah merah kecamatan air putih ini adalah (1) untuk menganalisis karakteristik konsumen dalam membeli buah semangka, (2) untuk mengkaji preferensi konsumen dalam membeli buah semangka, (3) untuk mengetahui atrubut apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pasar tanah merah. Data yang digunakan adalah data primer dengan bantuan daftar pertanyaan kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari instansi atau lembaga terkait. Hasil penelitian kajian preferensi konsumen dalam membeli buah semangka menunjukkan bahwa hasil preferensi sebagai berikut (1) atribut – atribut konsumen buah semangka (X1) berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen buah semangka (Y). Sedangkan karakteristik konsumen buah semangka (X2) tidal berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen buah semangka di desa tanah merah.

Full Text:

PDF

References


Anas Tain, 2016. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Salak (Salacca Edulis) Di Pasar Tradisional Kota Surakarta, [Skripsi] Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Asmarani, 2017. Pengaruh Ethnosentrisme terhadap Sikap, Preferensi dan Perilaku Pembelian Buah Lokal dan Impor. [Tesis] Program Studi Manajemen dan Bisnis, Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

Badan Pusat Statistika Tangerang Selatan, 2018 Kecamatan Air PutihDalam Angka.

Balatif. 2017. Analisis Usaha tani Semangka (Citrullus Lantus) biji dan semangka non biji terhadap pendapatan petani di desa suka jadi kecamatan perbaungan kabupaten serdang bedagai, 6(2), 2089-8592.

Baliwati, Y. F. (2012). Pengantar Pangan dan Gizi, Cetakan I, Penerbit Swadaya.

Jakarta.

Bilson, Simamora, 2018. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ciptasasmi, 2017. Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Sayuran Segar di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, [Skripsi] Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Duha. 2020. Diversity Study Of Fruit Producer Plant In Nias Islands, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4). Jakarta Timur, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Jakarta.

Firdaus Muhammad, 2010. Manajemen Agribisnis. Edisi I. Cetakan Ketiga. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Keputusan Membeli Buah Impor Di Kota Semarang. Skripsi Fakultas

Kotler, Philip, 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2: PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Makhlisa, Z. 2014. Respon pertumbuhan dan produksi tanaman semangka (citrullus vulgaris) terhadap pemberian giberelin dan pupuk TSP. Jurnal online agroekoteknologi, 2(4) september 2014.

Nahraeni, 2017, Preferensi Konsumen Terhadap Sayuran Indijenes, Jurusan Nazzaruddin dan Regina. 2013. 18 Varietas Salak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nazzaruddin dan Regina. 2013. 18 Varietas Salak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nicholson, W. 2016. Teori Ekonomi Mikro Jilid I, PT. Raja Grafindo Persada.

Pantastico, Er., B., T.K. Chattopadhyay, dan H. Subramanyam, 2017. Penyimpanan dan Operasi Penyimpanan Secara Komersial, Dalam: Pantastico, Er.B. 2017.Fisiologi Pasca Panen,: Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Petrus Rajamuda Kolly Dasion, dkk, 2014. Analisis Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma sp) di Desa Wuakerong Kecamatan Nagawutung Kabupaten Lembata. Buana Sains Vol. 14 No. 1: 1-10, 2014.

Prasetijo, R, dan Jhon Ihalaw. 2016. Perilaku konsumen. Penerbit Andi Jakarta.

Pustaka Utama. Jakarta.

Rahardi, Y. H, Indriani, dan Haryoko, 2014. Agribisnis Tanaman Buah. Penebar Rahmono, D. W. 2015. Hubungan Perbedaan Karakteristik Konsumen Terhadap

Rizka, M, 2015. Analisis Pemasaran Tomat di desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. E-J. Agrotekbis 3 (6) : 759-764, Desember 2015

Sambelorang. 2020. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Semangka (Citrullus Lanatus), 1(2) Oktober 2020.

Simamora, Bilson. 2013. Membonglkar Kotak Hitam Konsumen. Pt Gramedia

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis: Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D, :Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, Ujang, 2016. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran: Ghalia Indonesia. Jakarta.Swadaya Yogyakarta.

Syarif Hidayatullah Jakarta.Terhadap Perilaku Mengkonsumsi Buah Lokal Di Kawasan Pemukiman Tjiptono, 2016. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, : BPFE.Yogyakarta.

Ubaidillah, Ralibi, 2015, Pengaruh Kesadaran, Persepsi Dan Preferensi Konsumen UNS.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v11i3.8912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License