PETUNJUK PENULISAN

PETUNJUK PENULIS

Tulisan yang memenuhi persyaratan ilmiah dapat diterbitkan. Naskah asli dikirimkan kepada redaksi sesuai dengan ketentuan penulisan seperti tercantum di bawah. Redaksi berhak mengubah dan menyarankan perbaikan-per-baikan seuai dengan norma-norma ilmu penge-tahuan dan komunikasi ilmiah. Redaksi tidak dapat menerima makalah yang telah dimuat di media publikasi lain.

Naskah diketik dengan ukuran A4 dengan jarak 1.5 spasi dan panjang tulisan berkisar antara 6-15 halaman. Tulisan di dalam AGRILAND Jurnal Ilmu Pertanian dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan gaya bahasa efektif dan akademis.

Naskah lengkap dikirimkan ke redaksi AGRILAND Jurnal Ilmu Pertanian disertai surat pengantar dari penulis atau via email ke: agrilandjurnal@gmail.com. Jumlah naskah yang dikirim berupa soft file termasuk gambar dan foto yang terdapat pada teks (asli). Naskah yang diterima redaksi akan mendapatkan bukti penerimaan naskah (Naskah yang telah diserahkan pada AGRILAND Julnal Ilmu Pertanian yang telah melalui Proses penyuntingan dan penelahaan tidak dikenakan biaya).

Persyaratan Khusus

Artikel Kupasan (Review):

Artikel harus mengupas secara kritis dan komprehensif perkembangan suatu topik yang menjadi public concern aktual berdasarkan temuan-temuan baru dengan didukung oleh kepustakaan yang cukup dan terbaru. Sebelum menulis artikel, disarankan agar penulis menghubungi Ketua Dewan Redaksi untuk klarifikasi topik yang dipilih.

Sistematika penulisan artikel kupasan terdiri dari: Judul, nama penulis serta alamat korespondensi; Abstract dengan keywords; Abstrak dengan kata kunci; Pendahuluan (Introduction) berisi justifikasi mengenai pentingnya topik yang dikupas; Pokok bahasan; Kesimpulan (Conclusion); Ucapan Terimakasih (Acknowledgment); dan Daftar Pustaka (References).

Artikel Penelitian (Research):

Naskah asli penelitian disusun berdasarkan bagian-bagian berikut:

JUDUL harus singkat dan menunjukkan identitas subyek, tujuan studi dan memuat kata-kata kunci dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul berkisar antara 6-20 kata, dibuat dengan huruf kapital kecuali nama latin yang ditulis miring (italic).

NAMA PENULIS para penulis harus mencantumkan nama tanpa gelar, profesi, instansi dan alamat tempat kerja dan email penulis dengan jelas sesuai dengan etika yang berlaku. Apabila ditulis lebih dari seorang penulis, hendaknya penulisan urutan nama disesuaikan dengan tingkat besarnya kontribusi masing-masing penulis. Penulisan nama penulis ditulis lengkap. Untuk penulisan penulis kedua, ketiga, dan seterusnya dipisahkan oleh koma. Contoh: Yenni Asbur dan Yayuk Purwaningrum maka ditulis menjadi Yenni Asbur, Yayuk Purwaningrum.

ABSTRACT merupakan tulisan informatif yang merupakan uraian singkat yang menyajikan informasi tentang latar belakang secara ringkas, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan penelitian. Abstract ditulis dalam bahasa Inggris mak-simum 250 kata dilengkapi dengan keywords.

ABSTRAK merupakan abstract versi bahasa Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia maksimum 250 kata dilengkapi dengan kata kunci.

PENDAHULUAN (Introduction) menyajikan latar belakang pentingnya penelitian, hipotesis yang mendasari, pendekatan umum dan tujuan penelitian serta tinjauan pustaka terkait.

BAHAN DAN METODE (Materials and Method) berisi penjelasan mengenai bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan, waktu, tempat, teknik dan rancangan percobaan serta analisis statistika. Harus detail dan jelas sehingga repeatable dan reproduceable. Jika metode yang digunakan sudah diketahui sebelumnya maka pustakanya harus dicantumkan.

HASIL DAN PEMBAHASAN (Result and Discussion) diuraikan secara singkat dibantu dengan tabel, grafik dan foto-foto yang informatif. Pembahasan merupakan tinjauan hasil penelitian secara singkat dan jelas serta merujuk pada tinjauan pustaka terkait.

Keterangan Tabel atau Gambar ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Keterangan dalam bahasa Inggris ditulis dengan huruf miring (italic).

KESIMPULAN (Conclusion) merupakan keputusan dari penelitian yang dilakukan dan saran tindak lanjut untuk bahan pengembangan penelitian selanjutnya.

UCAPAN TERIMA KASIH (Acknowledgment) kepada sponsor ataupun pihak-pihak yang mendukung penelitian secara singkat.

DAFTAR PUSTAKA (Literature Cited) Minimal terdapat 10 buah referensi (minimal 15 tahun terakhir). Mencantumkan semua pustaka terkait berikut semua keterangan yang lazim dengan tujuan memudahkan penelusuran bagi pembaca yang mem-butuhkan. Hanya mencantumkan pustaka yang sudah diterbitkan baik berupa textbook ataupun artikel ilmiah. Menggunakan sistem penulisan nama penulis artikel yang berlaku internasional (nama belakang sebagai entri meskipun nama tersebut bukan menunjukan nama keluarga).

Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut (sesuai aplikasi Mendeley dengan style Crop Science):

Dua penulis : Yenni Asbur dan Yayuk Purwaningrum maka ditulis Asbur dan Purwaningrum (2014), atau (Asbur dan Purwaningrum, 2014).

Tiga penulis atau lebih : Asbur, et al. (2014) atau (Asbur et al., 2014).

Contoh penulisan daftar pustaka:

Buku: Judul buku semua huruf awal berupa huruf kapital kecuali kata hubung/sambung (pada, dari, of, on)

Sastrosupadi, A. 2000. Rancangan Percobaan Praktis Bidang Pertanian (Edisi Revisi). Kanisius. Yogyakarta.

Jika merupakan bagian dari halaman buku:

Chandrasekaran, B., K. Annadurai, and E. Somasundaram. 2010. Seasons and Systems of Farming. Pp 279–282 in A Textbook of Agronomy. New Age International Pub-lishers. New Delhi.

Artikel Jurnal/majalah: pada judul artikel hanya huruf awal dan nama diri saja yang kapital. Penyingkatan nama jurnal mengikuti anjuran jurnal yang disitir.

Yang, Y.K., S.O. Kim., H.S. Chung., and Y.H. Lee. 2000. Use of Colletotrichumgramini-cola KA001 to control barnyard grass. Plant Dis. 84: 55-59

Versi elektronik :

Malik, V.S. and M.K. Sahora. 1999. Marker gene controversy in transgenic plants. USDA-APHIS internet site and J.Plant Biochemistry & Biotechnology 8 : 1-13. Available online at http://www.agbios.com/articles/2000186-A.htm (diakses 22 Oktober 2002)

Dari CD-ROM/e-book:

Agronomy Journal, Volume 17-22. 1925-1930 (CD-ROM Computer file). ASA, Madison, WL and natl. Agric. Libr. Madison, Wl (Nov, 1994)