ANALISIS PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PASAR TRADISIONAL DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

muhammad ijlal

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah sistem pemasaran dari peternak sampai ke pedagang pengecer yang terdapat di pasar tradisional Deli Tua. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis  margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran telur ayam ras di pasar tradisional  Deli Tua terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran yang melibatkan satu lembaga pemasaran dan saluran pemasaran yang melibatkan dua lembaga pemasaran. Lembaga pemasaran yang terlibat yaitu peternak sebagai produsen telur, agen atau pedagang pengumpul, dan pedagang pengecer.Berdasarkan analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Margin pemasaran terkecil diperoleh oleh saluran I yaitu Rp. 140. ,- per butir. Rasio keuntungan biaya terbesar adalah saluran pemasaran I, dari segi farmer’s share maka saluran I menempati nilai tertinggi yaitu sebesar 89,14%,Nilai Efisiensi Pemasaran pada saluran I dan Saluran II sudah efisien dengan nilai efisiensi.

Keywords


Pemasaran Pasar Tradisional; Telur Ayam Ras; Margin

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, Z. 2003. Meningkatkan produktifitas ayam petelur. PT. Agromedia. Jakarta.

Agustina, N., Thohari, I., dan Rosyidi, D. (2013). Evaluasi Sifat Putih Telur Ayam Pasteurisasi Ditinjau dari PH, Kadar Air, Sifat Emulsi dan Daya Kembang Angel Cake. Jurnal Ilmu – Ilmu Peternakan, 23(2), 6 – 13.

Ernawati, F., Prihatini, M., dan Yuriestia, A. (2016). Gambaran Konsumsi Protein Nabati dan Hewani Pada Anak Balita Stunting dan Gizi Kurang di Indonesia. Penelitian Gizi dan Makanan 39(2), 95 – 102

Febriyanto, N., dan Putritamara, J. A. (2017) Proyeksi Elastisitas Permintaan Telur Ayam Ras di Malang Raya. Jurnal Ilmu – Ilmu Peternakan, 27(3), 81 – 8

Ilham, Nyak. (2007). Alternatif Kebijakan Peningkatan Pertumbuhan PDB Subsektor Peternakan di Indonesia. Analisis Kebijakan Pertanian, 5(4), 335 – 357

Kardono dan N. Hanani. 2004. Teori Ekonomi Makro: Pendekatan Grafis dan Matematis. Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang

Lestari, A. M., Hudoyo, A., Kasymir, E. Proyeksi Produksi dan Konsumsi Telur Ayam Ras di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu – Ilmu Agribisnis (JIIA), 3(3), 287 – 293

Mamilianti, W. 2012. Kajian pemasaran telur ayam di kecamatan sukorejo kabupaten pasuruan. Agromix. 1(1) : 75-86.

Suharyanto, H. (2011). Ketahanan Pangan. Jurnal Sosial Humaniora (JSH) 4(2), 186 – 194

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2016. “Outlook Telur”. Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan”. ISSN 1907-1507. Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Jakarta.

Yulia, Baga, L. M., dan Tinaprilla, N. (2015). Peran dan Strategi Pengembangan Sub Sektor Peternakan Dalam Pembangunan Kabupaten Agam Sumatera Barat. Jurnal Agribisnis Indonesia 3(2), 159 – 176


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 muhammad ijlal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License