ANALISIS PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata) MELALUI PENGGUNAAN MULSA ORGANIK

Fiqi Lubis

Abstract


Jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) adalah salah satu tanaman pertanian yang sangat diminati cukup besar. Upaya peningkatan produksi dan produktivitas jagung dapat dilakukan dengan perbaikan sistem budidaya seperti memperbaiki kondisi lingkungan fisik tanaman dan pengaturan populasi yang tepat. Percobaan ini  dilaksanakan di Lahan petani Jln. Karya Wisata, Gedung Johor Kecamatan Medan Johor Kota Madya Medan, Provinsi Sumatera Utara dengan ketinggian Tempat ±25 meter dpl, Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial yang terdiri dari 3 perlakuan yaitu: M0 = 0 ton/ha (tanpa mulsa), M1 =  Mulsa Jerami Padi 3 kg/plot M2 = Mulsa Jerami Padi 6 kg/plot, M3 = 9 kg/plot, M4 = 12 kg/plot. Aplikasi mulsa merupakan salah satu upaya menekan pertumbuhan gulma, memodifikasi keseimbangan air, suhu dan kelembapan tanah serta menciptakan kondisi yang sesuai bagi tanaman, sehingga tanaman dapat berkembang dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan yang terbaik adalah mulsa organik pada perlakuan M1 (3 kg/plot) dan M2 (6 kg/plot) karena mampu meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman secara baik seperti tinggi tanaman (cm), Jumlah daun (helai) dan Diameter batang (cm). selain itu mulsa organik juga dapat sebagai mulsa dan memperbaiki sifat Kimia dan Biologi Tanah.

Keywords


Jagung Manis; Mulsa Jerami; Pertumbuhan; Produksi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Gorontalo Dalam Angka. BPS. Gorontalo.

Damaiyanti Dewi Ratih Rizki., Nurul Aini., Koesriharti. 2013. “Kajian Penggunaan Macam Mulsa Organik Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabai Besar (Capsicum Annuum L.)”. Jurnal Produksi Tanaman. 1 (2). 25-31

.

Hidayat, T. 2020. Pengembangan Agroekosistem Kelapa Sawit– Kedelai dengan Penggunaan Mulsa Reflektif untuk Peningkatan Produktivitas Kedelai pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit. Disertasi. Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

Maulana, ID., dan MA. Chodzin. 2011. Pengaruh Alang-alang untuk Mengendalikan Gulma dan Meningkatkan Produksi Tanaman Jagung ( Zea mays L.) Jurnal Sains Terapan Edisi 1(1): 66-72.

Putri, AT. 2018. Pengaruh Dosis Pupuk Urea dan Dosis KCl terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata Strut). Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rivai et al., 2017 dalam Safrudin dkk., 2023. Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.) Pada Beberapa Jenis Mulsa Organik dan Jarak Tanam Yang Berbeda. J. Floratek 18(1): 1-7. Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.

Safrudin & Lasmini, 2010. Respon Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata) Pada Berbagai Waktu Pemberian Pupuk Nitrogen dan Ketebalan Mulsa Jerami. J. Agroland 17 (3) :184 -191, Desember 2010ISSN : 0854 –641X.

Sri Anjar Lasmini, 2002. Pengaruh Berbagai Jenis MulsaPlastik dan Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Terhadap Pertumbuhan Gulma dan Hasil Cabai Merah. J.Agroland, vol. 9. No. 2.

Utama, 2013 dalam Safrudin dkk., 2023. Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.) Pada Beberapa Jenis Mulsa Organik dan Jarak Tanam Yang Berbeda. J. Floratek 18(1): 1-7. Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fiqi Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License