Desain E-LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Ekosistem

Depri Mahendra, Hifni Septina Carolina, Dwi Kurnia Hayati

Abstract


Pembelajaran yang kurang bervariasi dan hanya berpusat pada guru dapat menyebabkan siswa kesulitaan dalam mengenal materi pembelajaran khususnya pada materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain E-LKPD berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk materi ekosistem pada kelas X di SMA Negeri 1 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan E-LKPD menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemntation and Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui data pra-riset meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian kelayakan E-LKPD diperoleh melalui hasil ahli materi 83% dengan kategori “valid”, ahli media 93% dengan kategori “sangat valid”, ahli guru mata pelajaran biologi  94,6 % dengan kategori “sangat baik” dan hasil penilaian kepraktisan melalui angket respon siswa yang diberikan kepada 20 siswa diperoleh hasil rata-rata 83,7%  dengan kategori “praktis”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi ekosistem layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi di kelas X SMA.

Keywords


E-LKPD, STEM, Ekositem

Full Text:

PDF

References


Alsyabri, A. W. (2021). Wira, Alsyabri Validitas dan Efektivitas Media Pembeajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technoogy and Science, 3(1), 1–10.

Alwi, M., Suastra, W., & Ariana, I. B. (2023). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Nilai Karakter. Kappa Journal, 7(2), 201–205.

Ananda, C. F., & Tanjung, I. F. (2022). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioscientist : Jurnal Imiah Bioogi, 10(1), 125.

Anggara, O., Anggriani, I., & Rahman, A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Historia Cafe Dan Roya Kitchen Manna Bengkulu Selatan. Jurnal Mutimedia Dehasen, 1(1), 129–140.

Budiasih, Y., Abdurrahman, A., lengkana, D., Hasnunidah, N., & Aini, N. R. (2023). Studi Pendahuluan: Pengembangan E-LKPD dalam Upaya Pemahaman Keterampian Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. A Jahiz: Journal of Bioogy Education Research, 3(2), 158.

Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisipin Madani, 2(8), 3469–3474. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924

Diani, D. R., Nurhayati, N., & Suhendi, D. (2019). Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 1–13.

Fathoni, A. (2020). Stem : Innovation in Vocationa learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33.

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Eementary Studies, 140–147.

ase, N. K., & Zai, N. (2022). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextua Teaching and learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan Minda,3(2),99–113.

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139.

Nazhirah, Israwati, & Tursinawati. (2024). PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KEAS V SD NEGERI 1 BEUREUNUEN V SD Negeri Beureunuen . Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Ourna Tunas Bangsa, 11(1), 44–56.

Nur Wahidah Yuiati, S. W. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF LKPD BERBASIS IVEWORKSHEET PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 6 SD Nur. JurnaL ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 58–66.

Riyanto, Fauzi, R., Syah, I. M., & Musim, U. B. (2021). Mode STEM (Science, Technoogy, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeing (Vo. 53, Issue 9).

Sanaky, M. M. (2021). Anaisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market learning Berbasis Digital Pada Mata Kuiah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Suryaningsih, S., & Nurita, R. (2021). Pentingnya lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268.

Syahputri, D. N., Soikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 67–74.

Taqwin, M., Muis, A., & Baso, S. T. (2024). Penggunaan Elektronik lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Edform Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII J SMP Negeri 19 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 107–117.

Tuerah, R. M. ., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Anaisis Kebijakan. Jurna ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 982.

Yuiati, E., Sari, S. P., & Metty, M. (2023). Implementasi uji validitas isi: Pengembangan kuesioner perubahan pola konsumsi minyak goreng pada rumah tangga. ilmu Gizi Indonesia, 7(1), 31.

Zein, F. A., & Musyarofah, M. (2024). Pengembangan Elektronik lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Interaktif Menggunakan Wizer.Me Pada Pembelajaran Ips. Prima Magistra: Jurnal ilmiah Kependidikan, 5(1), 57–68.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.10042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License