Dari Konvensional Ke Digital : Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Website Untuk Optimalisasi Inventarisasi Alat Dan Bahan Praktikum Laboratorium Biologi

Meita Dwi Solviana, Irwandani Irwandani, Anita Oktina Sari Pratama, Fiska Puspita Sari

Abstract


Laboratorium yang baik dilihat dari kelengkapan pada peyediaan media pembelajaran. Berdasarkan Pra penelitian yang dilakukan pada laboratorium Universitas Islam Negeri Raden Intan didapatkan bahwa pengeleloaan inventarisasi dilakukan masih secara manual sehingga kurang efektif dan memungkinkan banyak terjadi masalah, contohnya pada  data inventarisasi alat  yang dilakukan secara manual dapat mengubah jumlah dari alat tersebut sehingga dapat memperhambat pengembangan pada laboratorium biologi. Oleh karena itu inventarisasi merupakan hal penting dalam pengendalian peralatan dan komponen yang terdapat pada laboratorium.  Pada era digital yang semakin maju dapat dimanfaatkan dengan menggunakan solusi  dengan mengikuti perkembangan zaman yaitu suatu aplikasi mobile berbasis website yang dapat mempermudah dalam pengelolaan laboratorium biologi. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (RnD) dengan tahap pengembangan oleh Thiagarajan dengan 4 tahapan. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu angket validasi ahli (media, bahasa, materi), angket respon mahasiswa, dosen, asisten pratikum, laboran, dan kepala laboratorium. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Hasil penelitian kelayakan aplikasi inventarisasi alat dan bahan berbasis website terlihat dari hasil persentase rata-rata validator ahli media sebesar  97.15%, validator ahli materi sebesar 92.5% dan validator ahli bahasa sebesar 82.25% sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata  dari ketiga validator  memiliki kriteri “Sangat Layak” dan untuk respon mahasiswa rata-rata sebesar 76% dengan kriteria “Menarik” , untuk respon dosen rata-rata sebesar  83% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk respon asisten pratikum rata-rata sebesar  88% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk respon laboran sebesar 100% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk respon kepala laboratorium sebesar 88%  dengan kriteria “ Sangat Menarik”

Keywords


Aplikasi Mobile , Inventarisasi , Laboratorium Biologi, Website

Full Text:

PDF

References


Abror, M. (2020). MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI: Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 2723–4886.

Arifin, B. (2016). IMPLIKASI PRINSIP TASAMUH (TOLERANSI) DALAM INTERAKSI ANTAR UMAT BERAGAMA. 1(2), 391–420.

Bakar, A. (2015). KONSEP TOLERANSI DAN KEBEBASAN BERAGAMA (Vol. 7, Issue 2).

Derung, T. N., Resi, H., & X, I. P. (2023). Toleransi dalam bingkai moderasi beragama: Sebuah studi kasus pada kampung moderasi di Malang Selatan. KURIOS, 9(1), 52.

Habibie, M. L. H., Syakir Al Kautsar, M. S., Rochmatul Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. In Jurnal Moderasi Beragama (Vol. 01, Issue 1).

Krismiyanto, A. K. R. I. (2023). MEMBANGUN HARMONI DAN DIALOG ANTAR AGAMA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 238–244.

Kuswana, D. (2024). Potret Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama di Perumahan Royal Residence Surabaya. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(4), 2608. Nurhidayah, Putra, A., Putra, D. P., Fadhliah, M., & Rosyada, Y. A. (2022). Moderasi Beragama Perspektif Pluralisme Abdurahman Wahid (Gus Dur). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(2), 360–369.

Saputra, D., Rahmah, D. A., Toharisman, E., Dwi, S., Maskur, A., & Miharja, D. (2023). PENGUATAN MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PONDASI MASYARAKAT TOLERANSI DI DESA URUT SEWU. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(8), 582–594.

Saputra, J., Zakiya, & Purnomo, A. (2021). STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBELI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA TOKO IRMA SASIRANGAN DI KAMPUNG SASIRANGAN KOTA BANJARMASIN).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.10044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License