PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 2 KUPANG

Lusia Mulia, Wilhelmina Getrudis Nau, Maria Novita I.Buku

Abstract


Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh seseorang setelah proses belajar berlangsung yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, sikap serta keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik masih rendah, dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal dan kurang memanfaatkan media pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan ini yaitu model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga tehadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, dengan sampel kelas VIII G sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning berbantuan alat peraga rata-rata nilai pretest 47,19 dan posttest 80,63, N-Gain 0,61 termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung rata-rata nilai pretest 46,56 dan posttest 74,38, N-Gain 0,51 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan signifikan 0,020< 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Negeri 2 Kupang.


Keywords


Model Problem Based Learning, Alat Peraga, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Pernapasan Pada Manusia

Full Text:

PDF

References


Aniswita. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII Smp N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), Vol. 4, No. 1, Maret 2021, 063 – 068

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

Darlin, I. & Fathonah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basde Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 104-115.

Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Ibrahim, T. (2009). Langkah-langkah Model Problem Based Learning

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al- Khawarizmi, 3(2): 21-30.

Prastantya, F.G. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Tambakaji 05 Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Rosdiani. (2012). Model Pembelajaran Langsung dan Strategi Pembelajaran Efektif

Sagita, M. Dan Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga dalam pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1: 570-576.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sapriati, A. (2008). Pembelajaran IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar : Ruzz Media

Sori, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Video dengan meningkatkan kemampuan lempar turbo siswa kelas V SD. Negeri 06 Lebong. Skripsi Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Sudayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, CV: Bandung.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana : Jakarta.

Ulfa, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMPN 1 Suka Makmur. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbut: Jakarta.

Wardhan, K. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan multimedia dan modul ditinjau dari kemampuan berpikir abtrak dan kemampuan verba siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 1, h. 164

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklingau. Jurnal pendidikan Matematika Rafesia.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License