PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI: TINJAUAN LITERATUR

Sonya Miranda, Atika Okta Melisa

Abstract


Metode pembelajaran berbasis proyek telah banyak diterapkan secara luas diberbagai jenjang pendidikan, termasuk dalam pembelajaran biologi dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk pendahuluan data penelitian tentang penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Pembelajaran biologi disekolah menengah sering dihadapkan dengan tantangan dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan siswa, dan pembelajaran biologi konvensional yang sering kali kurang menarik dan interaktif. Salah satu pendekatan yang dianggap mampu mengatasi tantangan tersebut adalah metode pembelajaran berbasis proyek sebagai alternatif yang lebih efektif. Metode pembelajaran berbasis proyek tidak hanya fokus pada teoritik, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat langsung dalam proyek aplikatif dan relevan dengan kehidupan nyata. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah tinjauan literatur dengan mengumpulkan data dan menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang relevan dari jurnal dan artikel ilmiah. Analisis dilakukan terhadap hasil-hasil yang diperoleh dari penerapan metode ini di berbagai aspek pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Siswa terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek tidak hanya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kolaboratif dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap materi biologi. Simpulan penelitian yang diperoleh dari 15 artikel memberikan pernyataan yang sama tentang penerapan metode pembelajaran berbasis proyek ini mampu meningkatkan hasil belajar biologi siswa secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil belajar, Biologi, Tinjauan Literatur

Full Text:

PDF

References


Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Aulia, D., Rahayu, E., & Ramadhani, J. H. (2023). Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Di Kelas Xi-P 5 Sma Negeri 12 Medan Program Studi Pendidikan Biologi , Universitas Negeri. 1(4), 496–506.

Ayuardini, M. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi. Faktor Exacta, 15(4), 259. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i4.14924

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Fidela, W., Fadilah, M., & Padang, U. N. (2024). Literature Review : Penerapan Model Project Based Learning ( PjBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. 4, 1498–1511.

Fitri, L., Yuliana, D., & Jaya, F. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi …, 4, 39–48. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/view/270

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Hardinata, Djulia, Bukhari, S. (2021). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(4), 54–60.

Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy, 8(4), 490. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126

Jeniver, Muhyiatul, F., & Heffi, A. (2023). Literatur Review: Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 03(1), 10–20.

Kurniawan, M. C. A., Muis, A., & Suprapto. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI2. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 481–491.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Putri Adytia Yulia, Z. (2022). Bioeduca: Journal of Biology Education. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1–11.

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.43124




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License