Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Efikasi Diri Terhadap Komitmen Afektif Yang Dimoderasi Oleh Motivasi Kerja Guru UPTD SD Negeri Di Kecamatan Pulau Rakyat

Supriadi Supriadi, Reza Nurul Ichsan, Epi Supriyadi Siregar

Abstract


Untuk meningkatkan komitmen para guru terhadap organisasi yang memicu peningkatan kualitas pada pekerjaannya, salah satunya dengan berusaha mencari faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terbentuknya komitmen terhadap organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Jenis penelitian adalah asosiatif, yaitu dengan mengumpulkan data atas kejadian yang menjadi permasalahan, kemudian menganalisis data untuk menelusuri penyebab terjadinya masalah. Penelitian di lakukan pada UPTD SD Negeri Se Kecamatan Pulau Rakyat dan dijadwalkan pada bulan Maret 2024 s/d Juni 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh kemampuan manajerial dan efikasi diri terhadap komitmen afektif yang dimoderasi oleh motivasi kerja guru UPTD SD Negeri Se Kecamatan Pulau Rakyat. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 128 guru, sehingga sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin sehingga sampel sebanyak 34 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh responden yang berasal dari guru, selanjutnya data diolah dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan manajerial berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja (2) efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap motivasi (3) kemampuan manajerial berpengaruh langsung positif terhadap komitmen afektif (4) efikasi diri berpengaruh langsung positif terhadap komitmen afektif (5) motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap komitmen afektif (6) kemampuan manajerial terhadap komitmen afektif dan (7) efikasi diri terhadap komitmen afektif melalui motivasi

Keywords


Kemampuan manajerial,efikasi diri,motivasi kerja, dan komitmen afektif

Full Text:

PDF

References


Ana Widyastuti.(2022). “Menjadi sekolah dan guru penggerak merdeka belajar dan implementasinya”.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Arwildayanto, dkk. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. CV CENDEKIA PRESS : Bandung

Bayumi, dkk,(2021). “Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi”. Yogyakarta: CV Budi Utama.

CNN Indonesia. (2021). Nadiem: Sistem Pendidikan Kita Gagal Edukasi Perubahan Iklim.

Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. E-Tech, Volume 08.

Indrianto, N. (2021). Digitalisai Sekolah Untuk Kemerdekaan Belajar. In Adi (Ed.), Waktunya Merdeka Belajar (hal. 4). Akademia Pustaka.

Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar.

Kemendikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 7: Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud. (2021b). Program Sekolah Penggerak.

Kemendikbud. (2021c). Program Sekolah Penggerak (PSP).

Manullang, Marihot dan Pakpahan, Manuntun. (2014). Metodologi Penelitian (Proses Penelitian Praktis). Cetakan Pertama. Citapustaka Media. Bandung.

Rusmini. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License