Kontemplasi Pendidikan Ruhaniyah Imam Asy-Syafi’i Sebagai Model Pendidikan Ideal Di Era Post Trust

M Hasbullah Marzuki, Ulil Hidayah

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi kontemplasi pendidikan ruhaniyah Imam Asy-Syafi'i sebagai paradigma pendidikan ideal di era Post Trust. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemikiran Imam Asy-Syafi'i mengenai pendidikan ruhaniyah serta mengembangkan model pendidikan yang relevan dengan tantangan kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif, serta analisis mendalam terhadap karya-karya Imam Asy-Syafi'i. Fokus penelitian mencakup tiga aspek utama: pertama, pemahaman tentang konsep pendidikan ruhaniyah yang disampaikan Imam Asy-Syafi'i; kedua, pengembangan model pendidikan ideal berdasarkan prinsip-prinsip tersebut; dan ketiga, analisis karakteristik era Post Trust serta penyusunan solusi pendidikan yang sesuai dengan model yang diusulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Imam Asy-Syafi'i menawarkan integrasi antara fikih dan tasawuf dalam membentuk karakter Muslim yang ideal. Model pendidikan yang diusulkan menitikberatkan pada pengembangan karakter mandiri, bijaksana, serta adaptasi nilai-nilai ruhaniyah dalam menjawab tantangan pendidikan di era modern.

Keywords


pendidikan ruhaniyah, Imam Asy-Syafi'i, Post Trust, pendidikan ideal, fikih, tasawuf

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., Abdillah, A., & Al, A. (N.D.). Al Wara’. Pustaka Azzam.

Ahsanuddin, M. (2016). Nilai Pendidikan Moral Dalam Syi’ir Imam Syafi’i. Cendekia, 08(01), 26–40. Http://Journal.Stitaf.Ac.Id/Index.Php/Cendekia/Article/View/34

Dr. H. Bisyri Abdul Karim, Lc., M. (2020). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning. Lpp Unismuh Makassar.

Fatah, R. A., & Rasai, J. (2021). Model Pendidikan Kader Berbasis Wawasan Kebangsaan Di Era-Post-Trust: Studi Kasus Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 40–62. Https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V7i1.966

Fina Nur Jannah, Ahmad Zainuddin, M. Mukhid Mashuri, M. A. M. (2024). Konsep Zuhud Prespektif Dr. Atabik Lutfi, M.A Dalam Tafsir Tazkiyah. 1, 83–91.

Hasan, B. (2018). Penolakan Imam Syafi’i Terhadap Istihsan Sebagai Salah Satu Metode Istinbath Hukum Islam. Al-Risalah: Forum Kajian Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(01), 58–73.

Hidayat, R. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Imam As - Syafi ’ I Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(01), 25.

Irawan, H. (2023). Membangun Generasi Berkualitas Melalui Pendidikan Kesadaran Dan KepatuhanHukum.JurnalSutasoma,2(1),27–36. Https://Doi.Org/10.58878/Sutasoma.V2i1.248

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Alacrity : Journal Of Education, 1(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V1i2.20

Mustopa, A. M. Y. S., & Iswantir, I. (2023). Pengembangan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Era Disrupsi. Jurnal Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 1–12.

Prayoga, D. A. (2022). Nasihat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafi ’ I Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam Raden Intan Lampung 1443 H / 2022 M Nasi Hat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafi ’ I 1443 H / 2022 M.

Sagala, R., Rismayani, Azis, T. N., Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., Syazali, M., Puspita, A. E. F. P., Supardi, U., & Pd, D. M. (2018). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori Dan Praktik). Annual Conference On Islamic Education And Social Sains (Aciedss 2019), 317. Explainer Video, Efektif, Hasil Belajar Ips, Media Pembelajaran

Syafaruddin, Candra, W., & Ahma, S. S. (2015). Peningkatan Kontribusi Manajemenn Pendidikan. In Perdana Publishing.

Syafaruddin. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. In Psychology Applied To Work: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, Tenth Edition Paul.

Tidjani, A., & Fuadah, L. (2023). Kriteria Penuntut Ilmu (Studi Komparasi Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limal-Mutaallim Dan Imam Al-Nawawi Ad-Damasqy Dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an). Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 122–129.

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dan Dampaknya Dengan Kompetensi Lulusan Smk Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i1.23758

Zahra, F., Saputri, I., Sofiani, I. K., Tinggi, S., Islam, A., Bengkalis, N., Bengkalis, K., & Riau, P. (2024). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Imam Syafi ’ I : Pendekatan Hukum Dan Keadilan Dalam Pembelajaran. 1(2), 799–805.

Zahro Fatimatuz, & Tatik Mariyatut Tasnimah. (2022). Intertektualitas Mahabatullah Terhadap Syair Karya Imam Syafi’i Dan Buya Hamka (Adab Muqoron). Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 11(1), 1–13. Http://Journal.Umgo.Ac.Id/Index.Php.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License