Penggunaan Media Kalender Terhadap Peningkatan Konsentrasi dan Daya Ingat Siswa Pada Materi 38 Provinsi di Indonesia di UPT SD Negeri 064984 Medan Helvetia

Taruli Marito Silalahi, Winny Sunfriska Limbong, Intan Pulungan

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di UPT SDN 066084 Medan Helvetia. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu siswa dalam mengetahui 38 Provinsi yang di Indonesia. Adapun tujuan pembelajaran dari materi ini adalah: 1) siswa dapat menyebutkan 38 Provinsi di Indonesia; 2) siswa dapat menyebutkan warisan budaya Indonesia dari pakaian adat, bahasa daerah, tarian, dan berbagai makanan tradisional di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan tim dosen dengan melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan diperkenalkan berbagai media visual bagi sekolah dan siswa guna mempermudah penyampaian materi dan menarik perhatian ,mahasiswa dalam belajar. Media yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah media visual berupa kalender yang didalam nya terdapat berbagai warna-warni Nusantara pada 38 Pakaian adat di Indonesia. Dalam setiap pakaian adat yang ditampilkan diberi penjelasan tentang karakteristik dari pakaian adat tersebut. Hal ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat siswa tentang materi yang diberikan dimana konsentrasi adalah pemusatan pikiran pada suatu hal dengan cara menyampingkan hal-hal lain yang tidak dibutuhkan. Seseorang haruslah memiliki konsentrasi yang cukup baik agar mampu memiliki daya ingat dalam jangka waktu panjang. Daya ingat adalah kemampuan seseorang dalam membayangkan ataupun memikirkan khususnya kemampuan dalam memikirkan suatu objek. Hasil pengabdian masyrakat ini berdampak positif pada konsentrasi dan daya ingat siswa melalui media visual yang berikan. Hal ini juga memicu antusiasme siswa dalam mengenal lebih lagi warisan budaya yang ada di Indonesia yang terdri dari 38 Provinsi

Keywords


Media Visual, Konsentrasi dan Daya Ingat

Full Text:

PDF

References


Dila Rizki Amanda. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3181

Hulu, D. M., Pasaribu, K., Simamora, E., Waruwu, S. Y., Bety, C. F., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Medai Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Peneapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Rusyidiana, L., Fahmi, A. I., Sulaeman, D., & Piaud, S. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual. Jurnal Tahsinia, 4(1), 82–92.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Konsentrasi dan Daya Ingat Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa di MTs N 04 Madiun. Skripsi, 1–171..




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License