Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini

Siti Hofifah, Robiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dalam membentuk karakter sosial emosional anak usia dini. Masa anak usia dini merupakan periode kritis dalam perkembangan karakter, di mana keterlibatan orang tua sebagai pendidik utama sangat penting. Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua, khususnya pola asuh demokratis, berdampak positif terhadap perkembangan sosial dan emosional anak, meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan sosial mereka. Sebaliknya, pola asuh otoriter dapat menghambat perkembangan emosional anak, menyebabkan kesulitan dalam berinteraksi sosial. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak, termasuk keteladanan orang tua dan lingkungan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang tepat, responsif, dan suportif berkontribusi terhadap perkembangan kepribadian sosial-emosional anak. Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk menerapkan pola pengasuhan suportif dan menciptakan lingkungan yang positif bagi pertumbuhan anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi orang tua dan pendidik dalam upaya mendukung perkembangan karakter sosial emosional anak usia dini

Keywords


Pola Asuh, Karakter Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Adolph, Ralph. 2016. “Pengaruh Body Shaming Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa.” 1(1): 1–23.

Aminudin, Karyanti. 2019. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu Cyberbullying & Body Shaming.

Azizah, Dinda Dwi, Fatimah Azzahra, Nurfarida Deliani, and Juliana Batubara. 2024. “Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Dampak Perilaku Body Shaming Terhadap Psikologis Peserta Didik Tingkat Madrasah Aliyah.” 10(2): 598–610.

Di Tata, Daniele et al. 2024. “Past Body Shaming Experiences and Food and Alcohol Disturbance in Young Adults: Indirect Effects via Psychological Distress.” Eating and Weight Disorders 29(1).

Cerolini, Silvia et al. 2024.“Body Shaming and Internalized Weight Bia as Potential Precursors of Eating Disorders in Adolescents.”Frontiers in Psychology 15(February): 1–9.

Esri Rusminingsih, Fitri Suciana, Novita Wahyuningsih. 2020. “Hubungan Body Shaming Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah 15(2): 47–51.

Fauzia, T.F, and L.R Rahmiaji. 2019. “Memahami Pengalaman.” Body Shaming: 4–5.

Gita Citra Tama, Abdinur Batubara. 2024. “Body Shaming Dan Kepercayaan Diri : Studi Kasus Pada Remaja Putri.” 2.

Imelda Derang, Lilis Novitarum, Yanti Lestari Hasibuan. 2023. “Hubungan Bodishaming Dengan Harga Diri Pada Mahasiswa Ners Di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun2022.” 08(7): 2845–62.

Khairun, Afina Afiyati, Muhammad Ali Equatora, Teuku Zulyadi, and Hijrah Saputra. 2023. “Penyuluhan Body Shaming Di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.” Indonesian Journal of Community Services 2(1): 5–8.

Khoirunisa, Novita. 2024. “VISA : Journal of Visions and Ideas Kepemimpinan Ideal Di Era Milenial VISA : Journal of Visions and Ideas.” Visa 4(1): 104–13.

Lating, Ainun Diana. 2016. “Jurnal Fikratuna.” 8: 23–35.

Lestari, Sumi. 2019. “Bullying or Body Shaming? Young Women in Patient Body Dysmorphic Disorder.” PHILANTHROPY: Journal of Psychology 3(1): 59.

Ningsih, Firda Sukma Asmara, Hudaniah Hudaniah, and Sakinah Nur Rokhmah. 2023. “Pengaruh Body Shaming Terhadap Body Image Remaja Perempuan.” Cognicia 11(1): 79–85.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License