Kajian Literasi: Pendekatan Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi Di Era Revolusi Industri 4.0

Tiara Nada Pangestu, Didi Nur Jamaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan inkuiri dalam pembelajaran Biologi di era Revolusi Industri 4.0, dengan fokus pada peningkatan literasi sains, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber sekunder, seperti jurnal ilmiah, artikel akademik, dan laporan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri, terutama ketika didukung oleh teknologi digital seperti simulasi dan platform interaktif, mampu meningkatkan pemahaman konsep hingga 40% serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dan literasi sains. Teknologi digital berperan sebagai katalisator yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran berbasis inkuiri, memungkinkan siswa melakukan eksperimen virtual dan mengakses sumber belajar yang lebih beragam. Namun, penerapan pendekatan ini menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur, kompetensi guru, dan kendala kurikulum. Untuk mengoptimalkan implementasinya, diperlukan dukungan institusional yang kuat, pelatihan guru berkelanjutan, dan integrasi teknologi dalam kurikulum. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan teori pembelajaran aktif berbasis inkuiri dan praktik pendidikan Biologi yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21

Keywords


inkuiri, literasi sains, pembelajaran Biologi, Revolusi Industri 4.0, teknologi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aprizanti, Y. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, ojsdikdas.kemdikbud.go.id.

Asrorul Azizi and Mulia Rasyidi, “Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains Siswa Berbasis Pendekatan Inkuiri Pada Materi Ekosistem,” Jurnal Ilmiah Global Education 2, no. 1 (2021): 27–38.

Fathimah Azzahra et al., “Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Pendekatan Inkuiri Terhadap Pengetahuan Peserta Didik” 4 (2023): 242–50.

Ilyas, M. (2021). Peningkatan hasil belajar ipa dengan metode inkuiri kelas iv sdn 32 sungai jaring. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 574-581.

Irawati, H., & Hidayati, D. (2024). Transformasi Digital dalam Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah, jurnal.syntaxliterate.co.id.

Judijanto, L., Rusdi, M., & Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Pola Pikir Inovatif Siswa di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan, wnj.westscience-press.com.

Mahdiannur, M. (2022). Analisis keterampilan praktik ilmiah siswa dalam pembelajaran ipa smp berciri inkuiri induktif. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 850-858.

Mariana Sesilia Weling Hayong and Sukarman Hadi Jaya Putra, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA,” Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 1, no. 3 (2020): 38.

Mispawati Mispawati, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Manfaat Keanekaragaman Hayati Mata Pelajaran Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Kelas X MAN Tembilahan Tahun Pelajaran 2017/2018,” Innovative: Journal Of Social Science Research 2, no. 1 (2022): 615–18.

Mulyanti, N.M.B., & Gading, I.K. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.

Permana, B.S., Hazizah, L.A. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal,

Pramana, P., Suarni, N., & Margunayasa, I. (2024). Relevansi teori belajar konstruktivisme dengan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487-493.

Pratiwi, M. and Riyana, C. (2023). Educator as the key for digital transformation in curriculum and learning. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 117.

Raisah, BR, S “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Protozoa Dengan Pendekatan Inkuiri Pada, Siswa Kelas, and X M I A Man, ” 8, no. 01 (2020): 118–31.

Rosneli, R. (2021). Penggunaan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa sdn 06 surabayo. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 679-687.

Sainab, S, & Herna, H (2022). Perangkat pembelajaran biologi bernuansa karakter melalui inquiry dalam pembelajaran daring. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian …, jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id.

Sapriati, A, Rahayu, U, Sausan, I, & ... (2024). The Impact of Inquiry-Based Learning on Students' Critical Thinking in Biology Education Programs within Open and Distance Learning Systems. Jurnal Pendidikan, journal.unnes.ac.id.

Sri Mariatun and Wahab Wahab, “Implementasi Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Falah Pancordao Lombok Tengah NTB,” Journal of Science and Education Research 1, no. 1 (2022): 51–57.

Trifonia Dervia Jaya, Maria Benedikta Tukan, and Faderina Komisia, “Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga,” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2022): 359–66.

Wulandari, A, Apsari, L, Febrian, MR, & ... (2025). Implementasi pendekatan inkuiri dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kualitas belajar siswa SMP. Journal of Bio, ppjp.ulm.ac.id




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License