Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Model pembelajaran Treffinger adalah pembelajaran aktif yang mampu memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk memahami konsep yang mendorong Peserta Didik untuk berfikir kreatif dalam memecahkan suatu masalah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPA. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-1 dengan jumlah Peserta Didik 18 orang sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-3 dengan jumlah Peserta Didik 17 orang sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian yaitu Quasy Experimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran sesuai dengan uji hipotesis hasil belajar diperoleh nilai t-hitung = 4,489 dan ttabel = 2,035, karena nilai t-hitung tidak terletak pada interval -2,035 ≤ thitung ≤ 2,035 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar Peserta Didik pada mata pelajaran IPA ”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, Suharsini. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media.
Depdiknas. 2012. Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilai. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2015. Raport Hasil Belajar SMP. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Febby, Ainun. 2017. Pengaruh Strategi Treffinger Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA SMP Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomor 1.
Gulo, H., & Waruwu, T. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Edusculip: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 13–22.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Irianto, Agus, H. 2011. Statistik (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta : Kencana.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Jihad, Asep, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Lolita, Purnama Sari. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Vol.1, No.2
Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum. Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Riduwan. 2014. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2012. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Wahono, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Waruwu, T. 2019. Perbedaan Beberapa Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kompetensi Belajar IPA SMP Negeri 1 Sirombu. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran 2(2), 399-407.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10837
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.png)

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan