Penggunaan STIK Intelegensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Ihsaniyah

Zuhroul Ihsaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5 tahun di RA Ihsaniyah  dengan menggunakan media Stik intelegensi . Media Stik intelegensi ini  dipilih karena media ini merupakan media yang menarik perhatian anak yang terbuat dari stik eskrim yang dsebelumnya sudah diberikan bermacam macam warna dan juga terdapat beberapa gambar karakter serta terdapat 30 kartu angka dari beberapa bentuk geometri  Stik intelegensi dilengkapi dengan kardus box yang sangat menarik dan berguna untuk menyimpannya .Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga kali pertemuan dalam satu siklus . Tahapan dalam  siklus ini terdiri dari perencanaan, melaksanakan, mengamati dan merefleksikan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik  observasi, dokumentasi dan test .Melalui penelitian ini disimpulkan media Stik Intelegensi dapat berkontribusi dan berinovasi secara optimal dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak. Anak mampu mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan, memanggil bilangan dan menghitung simbol angka. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa Motorik kasar anak di RA Ihsaniyah meningkat dan terarah sesuai dengan perkembangan usianya

Keywords


media Stik Intelegensi , kemampuan berhitung , anak usia 4-5 tahun.

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65.

Ardhi, saktya yudha. (2018). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Astuti, R. D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire. Inovatif, 4(2), 92–114.

Benzani, C. A., & Nurhastuti, N. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Intelligence Stick untuk Peningkatan Pembelajaran Operasi Pengurangan Deret Kebawah pada Anak Tunadaksa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 10(2).

Fadlah Izzati. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Al-Ishlah). 1–104.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Iii, B. A. B., & Penelitian, J. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Elektronika Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 4 Bandung. 22–35.

Ilham. (2020). PERKEMBANGAN EMOSI DAN SOSIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar ISSN 2614-1051 Volume 4 Nomor 1. EL-Muhbib, 4, 162–180.

Kamila, N. G., Nindiasari, H., Rizky, E., Mita, M., R, N. F., & Makarim, N. (2022). Analisis Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Citeureup Dengan Instrumen Test of Logical Operations (Tlo). Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 195.

LESTARI, T. (2017). Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Tk Negeri Pembina Singkut Ii Sarolangun. Berdasarkan Kurikulum 2013.

Melalui, B., Pohon, P., Usia, A., Paud, B. K. B., & Bangsa, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. 4(3), 193–205.

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.

Mulyasa, E. (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. cet. II: Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1–33.

Net, W. W. W. P., Hastuti, W. D., Astati, S. M., Sudarjo, S., & Fathoni, A. (2023). The Effect of Mathematical Intelligence Stick Media on the Summation Skills of Students with Intellectual Disability. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 203–208.

Pendidikan, P., Anak, I., & Dini, U. (2023). Pengaruh media pembelajaran pocket bilangan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di tk it hafizul ilmi skripsi.

Priatna, D. (2018). Meningkatkan Kapasitas Belajar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Interaktif Kreatif Dan Edukatif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 90–97.

Puspitadewi, R. (2021). Pengenalan Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris Melalui Lagu Untuk Anak Usia Dini ( Telaah Buku Karya Devinta Puspita Ratri). 7.

Raudhatul, D. I., Arafah, A., Rahmadani, P., Tarbiyah, F., Ilmu, D. A. N., Ali, S., & Ahmad, H. (2023). Peningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini melalui media balok angka.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Romlah, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107.

Tarbiyah, P. (2024). Filsafat Pendidikan Islam : Telaah Mengenai Makna. 7, 2116–2124.

Trisnawati, W., Raharjo, T. J., & Kisworo, B. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50–57.

Wahyuni, D. G., Wirya, N., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA STICK ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK SATU ATAP DESA KENDERAN KECAMATAN TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i1.10855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License