Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar.

Winny Sunfriska Limbong, Taruli Marito Silalahi, Muhammad Fadli, Yohana Apriani Saragih

Abstract


Pendidikan di era digital memerlukan inovasi dalam penyampaian materi, terutama mata pelajaran IPA yang sering dianggap kompleks oleh siswa sekolah dasar. Media pembelajaran yang interaktif seperti video animasi dipercaya mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 21 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu 21 siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan di UPT SDN 105349 Paluh Kemiri Deli Serdang. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test sebelum diberikan perlakuan yaitu 40.0 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata – rata post test yaitu 81,9. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai hasil signifikasi sig (2 tailed) adalah 0,00 > 0,05 dengan t-hitung 6,739 < t-tabel 1,303 maka Ho ditolak; Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Keywords


video animasi; hasil belajar; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 205-215

Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1),7179

Al Fasyi, Muhammad Chusnul. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014 / 2015. (Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta)

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan.

Farida, C., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66.

Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana Novitasari, &Gingga Prananda. 2021.“Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.” 6(1):250–255

Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir , M. ( 2022) Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c SE-Articles), 821=826

Hambali, S., Akib, E., & Azis , S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 183

Jamaris. (2013). Orientasi baru dalam psikologi pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kadek Sukiyana, Sukoco, Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, Vol 3, Nomor 1, 2013

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review,2(2), 143

Maharani, A., Rini, R., & Sugiman. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Molecules, 9(1), 113

Maulana, Rochbadi.Arris, dkk ( 2017 ) “ Pengaruh Media Video Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 4 Tanggerang Selatan”, Jurnal Pendidikan Tekniik Sipil, Vol. 6 No 2.

Pane, A., & Pasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Journal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03 No. 2 Desember 2017(2460-2345, 2442-6997),334

Pulungan, N. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 562–568

Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N ., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema 1 Subtema 2 UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar, Jurnal Pendidikan Dan Konselling ( JPDK ), 4 (5), 4146 – 4156

Simatupang, R. T., Sinaga, V. C., & Thesalonika, M. (2022). Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar Royanta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5146–5152

Sugiono. ( 2017 ). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukiyasa, K., &Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 129

Suryani,(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sutria Dewi, Rahmat Murborjono, dkk. ( 2018). “ Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Kota Jambi” , Jurnal Pendidikan Vol. 2 No 2

Tafonao, T . (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkana Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. No. 2(2), 103 -114.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. jurnal Ilmupendidikan, 24

Yuliyanti, R., & Mintohari. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 2

Zainal Aqib. 2016. Penilitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara. Jurnal pendidilan Volume 9 Nomor 2 : 07 -103




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.11721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License