Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 205-215
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1),7179
Al Fasyi, Muhammad Chusnul. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014 / 2015. (Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta)
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan.
Farida, C., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66.
Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana Novitasari, &Gingga Prananda. 2021.“Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.” 6(1):250–255
Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir , M. ( 2022) Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c SE-Articles), 821=826
Hambali, S., Akib, E., & Azis , S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 183
Jamaris. (2013). Orientasi baru dalam psikologi pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kadek Sukiyana, Sukoco, Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, Vol 3, Nomor 1, 2013
Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review,2(2), 143
Maharani, A., Rini, R., & Sugiman. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Molecules, 9(1), 113
Maulana, Rochbadi.Arris, dkk ( 2017 ) “ Pengaruh Media Video Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 4 Tanggerang Selatan”, Jurnal Pendidikan Tekniik Sipil, Vol. 6 No 2.
Pane, A., & Pasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Journal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03 No. 2 Desember 2017(2460-2345, 2442-6997),334
Pulungan, N. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 562–568
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N ., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Tema 1 Subtema 2 UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar, Jurnal Pendidikan Dan Konselling ( JPDK ), 4 (5), 4146 – 4156
Simatupang, R. T., Sinaga, V. C., & Thesalonika, M. (2022). Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar Royanta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5146–5152
Sugiono. ( 2017 ). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukiyasa, K., &Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 129
Suryani,(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Sutria Dewi, Rahmat Murborjono, dkk. ( 2018). “ Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Kota Jambi” , Jurnal Pendidikan Vol. 2 No 2
Tafonao, T . (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkana Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. No. 2(2), 103 -114.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. jurnal Ilmupendidikan, 24
Yuliyanti, R., & Mintohari. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 2
Zainal Aqib. 2016. Penilitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara. Jurnal pendidilan Volume 9 Nomor 2 : 07 -103
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.11721
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.png)

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan


1.jpg)















