Hubungan Determinan Layanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Di Rumah Sakit Umum Daerah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Syahlis Irwandi, Abd. Harris Pane, Saiful Batubara, Aulia Fuad

Abstract


Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam pelayanan kesehatan, terutama bagi peserta BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang terkait dengan penelitian ini, yaitu survei dengan desain penelitian potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square dengan α 0,05. Hasil penelitian menggunakan analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan yaitu edukasi (RP= 5,510, 95% CI =2,690-11,288), komunikasi (RP= 2,752, 95% CI =1,686-4,492), kebersihan ruangan (RP= 2,935, 95% CI =1,603-5,375), waktu tunggu (RP= 7,888, 95% CI = 3,364-18,5) terhadap kepuasan pasien peserta BPJS pada pelayanan kesehatan di RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara edukasi, komunikasi, kebersihan ruangan dan waktu tunggu dengan kepuasan pelayanan kesehatan peserta BPJS di RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan

Keywords


Kepuasan Pasien BPJS, Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Asmaul Husnah. 2020. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Respon Purna Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Puskesmas Bhandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi FKM USU, Medan.

Devitasari, N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret di Desa Wringinanom Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Dewi, 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS dipoli Rawat Jalan Puskesmas Rangkasbitung

Edi, A, 2016), “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Governansi 5(2):99.

Mirnawati. 2019. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelayanan kKesehatan Bagi Peserta BPJS di Rumah Sakit Labuang Baji kota Makassar.

Notoatmodjo, 2018. “Kepuasan Pasien Tentang Mutu Pelayanan Di Puskesmas.

Pegestu.2020. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Dasar- Dasar Pengertian dan Penerapan.Penerbit : EGC, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.11726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License