MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM EDUKASI MINDFULNESS DI SD SKOUW YAMBE DAN SD SKOUW MABO

Rispah Purba, Alim Mutaqin, Firda Wati, Daud Kaigere

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program edukasi mindfulness dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik sekolah dasar di SD Skouw Yambe dan SD Skouw Mabo. Program mindfulness dipandang sebagai pendekatan preventif dan promotif untuk membantu anak-anak mengelola emosi, menurunkan stres, serta meningkatkan fokus dan kesadaran diri. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest, melibatkan 19 siswa sebagai kelompok eksperimen di SD Skouw Yambe dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol di SD Skouw Mabo. Instrumen pengumpulan data meliputi tes, observasi, angket, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui uji normalitas, N-Gain, dan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SD Skouw Yambe yang mengikuti program mengalami peningkatan kesehatan mental secara signifikan, dengan sebagian besar berada pada kategori peningkatan sedang hingga tinggi. Sebaliknya, siswa di SD Skouw Mabo yang tidak menerima intervensi menunjukkan peningkatan yang relatif rendah. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji statistik yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program edukasi mindfulness efektif dan layak diterapkan dalam konteks pendidikan dasar, khususnya untuk mendukung kesehatan mental siswa di wilayah dengan tantangan sosial dan geografis seperti di SD Skouw Yambe

Keywords


Mindfulness, Kesehatan Mental, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


American Academy of Pediatrics. (2019). Mental health promotion in schools. Pediatrics, 144(1), e20191182.

Beauchemin, J., Hutchins, T. L., & Patterson, F. (2010). Mindfulness meditation may lessen anxiety, promote social skills, and improve academic performance among adolescents with learning disabilities. Complementary Health Practice Review,1 15(1), 34-41.

Burnett, R., Galton, M., & Pell, A. (2014). Implementing mindfulness in schools: An evaluation of the MYRIAD project: Mindfulness and resilience in adolescence. British Educational Research Journal, 40(1), 177-191.

I Gusti Ngurah Agung Suryaputra1, Ni Wayan Yuningrat, I Wayan Mudianta, Retno Indriaswuri. 2023. Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Dana Punia Singaraja Melalui Penerapan Mindfulness Berbasis Filosofi Ngayah.

Klingbeil, D. A., Renshaw, T. L., Willenbrink, J. B., Halleck, G., & Day-Vines, N. L. (2017). Mindfulness-based interventions in schools: A meta-analysis of the impact on academic outcomes. School Psychology Quarterly, 32(3), 303-320.

Ratu Meri Agusta, Sulthona Faturrohman, dan Ully Arta Miladia. 2024. Pengaruh Mindfulness Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Emosional, Motivasi Belajar Dan Regulasi Emosi (Amigdala) Pada Siswa Sekolah Dasar. Paidagogia: Jurnal Pengajaran dan Pendidikan.

Schonert-Reichl, K. A., Oberle, E., Lawlor, M. S., Abbott, D., Thomson, K., Oberlander, T. F., & Diamond, A. (2015). Enhancing cognitive and social-emotional development through a simple-to-administer mindfulness-based intervention for elementary school children: A randomized controlled trial. Developmental Psychology, 51(1), 52-66.

Semple, R. J., Lee, J., Rosa, D., & Miller, L. F. (2010). A randomized trial of mindfulness-based cognitive therapy for children with anxiety disorders. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 78(2), 249-257.

Tang, Y. Y., Hölzel, B. K., & Posner, M. I. (2019). The neuroscience of mindfulness meditation. Nature Reviews Neuroscience, 16(4), 213-225

Waters, L., Barsky, J., Ridd, A., & Allen, K. (2015). Contemplative education: A systematic, evidence-based review of the effects of meditation interventions in schools. Educational Psychology Review, 27(1),4 103-134

World Health Organization. (2022). Mental health of children and adolescents.

Zenner, C.,Herrnleben-Kurz, S., & Walach, H. (2014). Mindfulness-based interventions in schools—a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, 5603.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.11910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License