Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMA Negeri 1 Paberiwai

Jelita Lika Maramba Hau, Iona Lisa Ndakularak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI di SMA Negeri 1 Paberiwai. Latar belakang penelitian mengidentifikasi rendahnya pemahaman siswa terhadap materi matriks, terlihat dari hasil ulangan harian yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dan II. Pada pra siklus, hanya 33% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 40% dan pada siklus II mencapai 77%. Data menunjukkan bahwa model PBL berhasil meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Siklus I mengidentifikasi sejumlah kelemahan yang diperbaiki pada siklus II, seperti peningkatan aktivitas siswa saat diskusi kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks. Produk akhir penelitian berupa modul ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti merekomendasikan agar model PBL diterapkan pada materi lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran di kelas

Keywords


Problem Based Learning, hasil belajar, matriks

Full Text:

PDF

References


Ambia, Fitiya permata. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. 9–29.

Anggi fazarlyah. (2022). STUDI PENDAHULUAN:KONTRIBUSI FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN.

Apriliah, W., Subekti, N., & Haryati, T. (2021). Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), 34–42.

Daimah, U. S., & Suparni. (2023). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139.

Desvi, dilla yola. (2020). No Title pemahaman konsep matematika dengan metode discovery learning.

Fidiana Astutik, S. p. (2023). No Title integrasi model pembelajaran problem based learning. Anggota IKAPI.

Hilman djafar. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA.

Isabela. (2021). Journal of lesson study and teacher education ( JLSTE ). Pwmjateng, 1, 31–38.

Isrok’ atun amelia rosmala. (2019). No Title model-model pembelajaran matematika.

Lakeisha. (2023). model-model pembelajaran.

Lestari, R., Darmo, D., & Nur, A. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantuan Liveworksheet pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1674–1685. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3228

Listin Weniarni. (2022). No Title etnomatika. PT.Nasya Expanding management (penerbit NEM - Anggota IKAPI).

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Noresti, I., & Silalahi, T. M. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks di Kelas XI. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 200–208.

Nyoman Ayu Putri Lestari. (2023). model-model pembelajaran untuk kurikulum. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Model_Pembelajaran_untuk_Kurikulum

Octavia. (2020). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN RAMBIPUJI KELAS X SEMESTER GENAP. IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN RAMBIPUJI KELAS X SEMESTER GENAP.

Prasetio, F., Nugroho, B., Purwati, H., Happy, N., & Amin, F. (2024). Seminar Nasional PPG UPGRIS 2024 Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model PBL Dengan Pendekatan Tarl Kelas XI Pada Materi Matriks. 366–379.

Rahma, A. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING PROPOSAL DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI.

Shilfia alfitri, M. P. (2020). model discovery learning dan pemberian motivasi dalam pembelajaran.

Sukma, Y., & Supriyono, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Discovery Learning Di Sman 10 Palembang. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24.

Trezita A. S. Onibala, Rosiah J. Pulukadang, & Anetha L. F. Tilaar. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning; Eksperimentasi Pada Pembelajaran Matematika Topik Operasi Matriks. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 09–17.

Widayati, W., & Hendroanto, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar Matriks. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15.

Widodo, J. (2019). No Title Pengembangan model PBL dalam pembelajaran matematika (S. Subektu (ed.)). cv. pustaka mediaguru.

Wulandari. (2021). No Title Hubungan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Kimia.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License