Pemasaran Dan Distribusi Produk Agribisnis Padi Sawah (Oryza sativa L.)

Nomi Noviani S, Sri Wahyuni, Dian Habibie, Rahmat Suryanto Pirngadi

Abstract


Indonesia memiliki berbagai subsektor pertanian seperti pertanian rakyat, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan,. Dimana untuk tanamana padi sawah merupakan subsektor tanaman pangan. sangat vital sebagai bahan pokok dan sumber karbohidrat utama bagi penduduk Indonesia. Tujuan penelitian yang tercantum dalam makalah ini adalah untuk menggambarkan pola distribusi dan strategi pemasaran agribisnis padi sawah serta menganalisis faktor-faktor produksi padi dan menganalisis marjin pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana jalur distribusi, biaya pemasaran, dan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi kesejahteraan petani dan efisiensi rantai pemasaran padi. Meningkatkan produksi padi dan pendapatan petani menjadi prioritas pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor dan memastikan ketahanan pangan. Pada masa panen raya, tantangan dalam pemasaran muncul, termasuk mekanisme penetapan harga dan permasalahan distribusi. Kebijakan harga dasar gabah diharapkan dapat menjaga stabilitas harga dan memotivasi petani agar tetap bergairah dalam Bertani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran dan biaya produksi, sedangkan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan pola distribusi dan strategi pemasaran. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara

Keywords


Pemasaran, Distribusi, Padi Sawah

Full Text:

PDF

References


Agustian, R., & Setiadjie, B. (2008). Distribusi produk pertanian di Indonesia. Jakarta: Badan Penerbit Universitas Indonesia.

Arifin, B., & Natawidjaja, T. (2000). Sistem distribusi dan perdagangan beras di Indonesia. Jakarta: Badan Ketahanan Pangan Nasional.

Kotler, P. (1997). Marketing Management. Prentice Hall. Mubyarto. (1989). Pemasaran Pertanian. Yogyakarta: BPFE.

Rachman, A. (1997). Distribusi dan Pemasaran Produk Pertanian. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sawit, S., & Lakollo, K. (2007). Peran beras dalam ketahanan pangan Indonesia. Jurnal Ketahanan Pangan, 12(3), 45-56.

Sudiyono. (2002). Analisis Margin Pemasaran Beras di Indonesia. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Tambunan, T. (2008). Sistem Pemasaran Beras di Indonesia: Sebuah Kajian Interdisipliner. Jakarta: LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License