Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Lotu

Kasih Putri Harefa, Hardikupatu Gulo, Novelina Andriani Zega, Desman Telaumbanua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan e-modul berbasis inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengetahui kelayakan e-modul berbasis inkuiri oleh para ahli/validator, mengetahui kepraktisane-modul berbasis inkuiri melalui respon peserta didik, dan mengetahui efektifitas e-modul berbasis inkuiri melaluites hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar berupa tes essay. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian kelayakan e-modul oleh validator ahli materi (dosen) dengan persentase 98,2% kriteria sangat valid, dan kelayakan e-modul oleh validator ahli materi (guru) dengan persentase 100% kriteria sangat valid. Hasil penilaian kelayakan e-modul oleh validator ahli bahasa dengan persentase 86,1% kriteria valid dan kelayakan e-modul oleh validator ahli desain/media dengan persentase 94,5% kriteria sangat valid. Hasil penilaian kepraktisan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada uji perorangan dengan tingkat pencapaian 92% kategori sangat praktis, uji kelompok kecil dengan tingkat pencapaian 90% dengan kategori sangat praktis, dan pada uji lapangan dengan tingkat pencapaian sebesar 100% kriteria sangat praktis.Efektivitas e-modul dapat dilihat pada test hasil belajar, diperoleh persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 92% kriteria sangat efektif.

Keywords


E-modul, Berbasis Inkuiri, Hasil Belajar, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Ajeng Retno Utami, Suhendri, P. D. (2019). Hubungan Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa. Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 04(2), 56–62.

Berorientasi Pada Pembelajaran Abad 21 Untuk Kelas Xi Titl Smk Rajasa Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(01), 107–115. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n01.p107-115

Delima, E. M., Warobi, W., & Asnilawati, A. (2020). Pencemaran Lingkungan Untuk SMA/MA Kelas X. In Pencemaran Lingkungan Untuk SMA/MA Kelas X (Issue 142).

Eriska, L., Hentilaniar, & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1797–1801.

Hardikupatu Gulo, T. W. (2022). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Sma Kelas Xi. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2),250258.https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.1912

Hasibuan, S. R., & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(2), 74–79. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i2.364

Hughes, R. (2008). contoh bab 3 4D. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Jami’atul Aulia, I., Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2022). Pengembangan Elektronik Modul pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri. Journal of Classroom Action Research, 4, 87–91. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2566

Juwitaningsih, R. I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Syntak Idea, 4(8), 4.

Magdalena, I., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., & Claudia Maharani, S. (2020). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 Sd Negeri Pangadegan 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 376–392.

Model, K. B., Inkuiri, P., & Singkat, A. D. (n.d.). Strategi Pembelajaran Kimia | 1.

Mulisyono. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV Dengan Menggunakan Media Google Meet. SHEs: Conference Series , 3(3), 1919–1924.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License