Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Keanekaragaman Hayati Buah Lokal di Desa Sumberjambe Kabupaten Jember untuk Siswa Kelas X SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R., Hidayat, A., & Rahmawati, S. (2023). Pengembangan modul pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 123-135.
Agustin, R. (2020). Studi morfologi dan anatomi buah lokal dalam pembelajaran biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 130-142.
Andriani, S. (2023). Pengembangan aktivitas observasi dan formulasi pertanyaan dalam pembelajaran biologi berbasis buah lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 11(1), 55-67.
Carolina, R., Riandi, R., & Rochintaniawati, D. (2024). Integrasi potensi lokal dalam pembelajaran biologi untuk penguatan jati diri dan kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 45-60.
Fadhilah, N. (2022). Keterampilan berpikir kritis melalui pembuatan herbarium dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Konservasi, 8(3), 98-109.
Fitriani, A., & Ramadhan, M. (2021). Pembelajaran berbasis konteks lokal untuk meningkatkan minat belajar dan identitas budaya siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 210-225.
Halim, M. (2020). Klasifikasi tumbuhan dengan bahan ajar buah lokal sebagai media pembelajaran. Jurnal Botani Pendidikan, 5(1), 44-56.
Ibrohim, I., Fadillah, R., & Nugroho, S. (2014). Peran modul ajar berbasis potensi lokal dalam pembelajaran aktif dan penguatan hubungan sekolah-masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 132-141.
Lestari, D. (2021). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 9(2), 112-124.
Mahendra, T. (2019). Konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati melalui pembelajaran biologi. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 6(1), 70-81.
Nurhayati, L. (2018). Pengamatan mikroskopik struktur buah lokal dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi Eksperimental, 4(2), 99-110.
Prasetyo, B., & Handayani, S. (2021). Pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 9(2), 78-89.
Purnamasari, D., Sari, M., & Widodo, A. (2024). Efektivitas modul ajar biologi berbasis potensi lokal dalam pembelajaran SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-56.
Putra, A. (2022). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan IPA, 10(3), 145-157.
Putri, E. (2022). Peningkatan kompetensi saintifik siswa melalui pembelajaran biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1), 34-46.
Rahman, M. (2019). Karakteristik fisik buah lokal sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Sains Alam, 3(1), 23-31.
Rahmawati, S., Santoso, P., & Lestari, D. (2022). Pemanfaatan konteks lokal dalam pembelajaran biologi: Studi kasus di sekolah menengah. Jurnal Biologi dan Pembelajaran, 8(1), 101-115.
Sari, N. (2020). Modul pembelajaran biologi dengan pendekatan saintifik menggunakan buah lokal. Jurnal Pendidikan IPA Terpadu, 6(2), 100-110.
Setiawan, D. (2023). Pembelajaran biologi dan pengembangan kemampuan berpikir ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 15-30.
Setyawan, D., & Yuliani, E. (2023). Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 17(1), 78-87.
Sinaga, H. (2022). Kurikulum Merdeka: Pengembangan perangkat ajar berbasis proyek dan eksplorasi lingkungan. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 7(3), 200-215.
Siregar, A., & Manurung, R. (2023). Pengaruh media visual terhadap motivasi dan daya serap belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 90-98.
Suryani, T. (2021). Morfologi dan anatomi buah lokal sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 8(3), 122-134.
Sutanto, B. (2021). Proyek pembuatan herbarium buah sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Konservasi Alam, 9(2), 76-86.
Utami, R. (2022). Potensi buah lokal sebagai media pembelajaran keanekaragaman hayati di Desa Sumberjambe, Jember. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 5(2), 89-99.
Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran biologi untuk menumbuhkan kesadaran ekologis dan tanggung jawab sosial siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 4(1), 50-65.
Wibowo, A. (2021). Pembelajaran aktif dan kreatif dalam biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Sains Terapan, 11(4), 210-222.
Wulandari, F., Nugroho, B., & Prasetya, T. (2023). Aktivitas saintifik dalam modul ajar biologi berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 150-162.
Yuliani, R. (2019). Identifikasi dan klasifikasi buah lokal dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi Indonesia, 5(2), 65-75.
Yulianti, S., & Santoso, H. (2022). Integrasi potensi lokal dalam pembelajaran biologi: Studi kasus buah-buahan lokal. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 14(4), 210-222
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12202
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.png)

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan


1.jpg)















