Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Keanekaragaman Hayati Buah Lokal di Desa Sumberjambe Kabupaten Jember untuk Siswa Kelas X SMA

Kristi Kristi, Sarwo Danuji, Ferdy Sugianto

Abstract


Pembelajaran biologi di sekolah menengah seringkali kurang kontekstual sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep secara mendalam dan relevan dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar biologi berbasis potensi lokal berupa buah-buahan khas Desa Sumberjambe yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka dan kebutuhan siswa di lingkungan agraris. Pengembangan modul dilakukan menggunakan model ADDIE secara sistematis melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi ahli dilakukan untuk menilai kelayakan isi dan media modul, sedangkan uji coba terbatas di lapangan dilakukan untuk mengukur kemudahan pemahaman dan daya tarik modul bagi siswa. Hasil validasi menunjukkan modul ini layak digunakan dengan skor tinggi pada aspek kelayakan isi dan media pembelajaran. Uji coba terbatas mengindikasikan modul mudah dipahami dan menarik minat belajar siswa. Implementasi modul pada siswa kelas X SMA Baitul Azhar menghasilkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,63, yang tergolong sedang hingga tinggi. Selain itu, modul ini mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa, yang terlihat dari respon positif pada aspek tampilan visual, keterbacaan, serta kesesuaian materi dengan kebutuhan pembelajaran

Keywords


Modul ajar biologi, Potensi lokal, Model ADDIE, Pembelajaran kontekstual, Buah-buahan Desa Sumberjambe

Full Text:

PDF

References


Afandi, R., Hidayat, A., & Rahmawati, S. (2023). Pengembangan modul pembelajaran berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 123-135.

Agustin, R. (2020). Studi morfologi dan anatomi buah lokal dalam pembelajaran biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 130-142.

Andriani, S. (2023). Pengembangan aktivitas observasi dan formulasi pertanyaan dalam pembelajaran biologi berbasis buah lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 11(1), 55-67.

Carolina, R., Riandi, R., & Rochintaniawati, D. (2024). Integrasi potensi lokal dalam pembelajaran biologi untuk penguatan jati diri dan kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 45-60.

Fadhilah, N. (2022). Keterampilan berpikir kritis melalui pembuatan herbarium dalam pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Konservasi, 8(3), 98-109.

Fitriani, A., & Ramadhan, M. (2021). Pembelajaran berbasis konteks lokal untuk meningkatkan minat belajar dan identitas budaya siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 210-225.

Halim, M. (2020). Klasifikasi tumbuhan dengan bahan ajar buah lokal sebagai media pembelajaran. Jurnal Botani Pendidikan, 5(1), 44-56.

Ibrohim, I., Fadillah, R., & Nugroho, S. (2014). Peran modul ajar berbasis potensi lokal dalam pembelajaran aktif dan penguatan hubungan sekolah-masyarakat. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 132-141.

Lestari, D. (2021). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 9(2), 112-124.

Mahendra, T. (2019). Konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati melalui pembelajaran biologi. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 6(1), 70-81.

Nurhayati, L. (2018). Pengamatan mikroskopik struktur buah lokal dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi Eksperimental, 4(2), 99-110.

Prasetyo, B., & Handayani, S. (2021). Pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 9(2), 78-89.

Purnamasari, D., Sari, M., & Widodo, A. (2024). Efektivitas modul ajar biologi berbasis potensi lokal dalam pembelajaran SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-56.

Putra, A. (2022). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan IPA, 10(3), 145-157.

Putri, E. (2022). Peningkatan kompetensi saintifik siswa melalui pembelajaran biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1), 34-46.

Rahman, M. (2019). Karakteristik fisik buah lokal sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Sains Alam, 3(1), 23-31.

Rahmawati, S., Santoso, P., & Lestari, D. (2022). Pemanfaatan konteks lokal dalam pembelajaran biologi: Studi kasus di sekolah menengah. Jurnal Biologi dan Pembelajaran, 8(1), 101-115.

Sari, N. (2020). Modul pembelajaran biologi dengan pendekatan saintifik menggunakan buah lokal. Jurnal Pendidikan IPA Terpadu, 6(2), 100-110.

Setiawan, D. (2023). Pembelajaran biologi dan pengembangan kemampuan berpikir ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 15-30.

Setyawan, D., & Yuliani, E. (2023). Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 17(1), 78-87.

Sinaga, H. (2022). Kurikulum Merdeka: Pengembangan perangkat ajar berbasis proyek dan eksplorasi lingkungan. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 7(3), 200-215.

Siregar, A., & Manurung, R. (2023). Pengaruh media visual terhadap motivasi dan daya serap belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 90-98.

Suryani, T. (2021). Morfologi dan anatomi buah lokal sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 8(3), 122-134.

Sutanto, B. (2021). Proyek pembuatan herbarium buah sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan dan Konservasi Alam, 9(2), 76-86.

Utami, R. (2022). Potensi buah lokal sebagai media pembelajaran keanekaragaman hayati di Desa Sumberjambe, Jember. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 5(2), 89-99.

Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran biologi untuk menumbuhkan kesadaran ekologis dan tanggung jawab sosial siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 4(1), 50-65.

Wibowo, A. (2021). Pembelajaran aktif dan kreatif dalam biologi berbasis konteks lokal. Jurnal Pendidikan Sains Terapan, 11(4), 210-222.

Wulandari, F., Nugroho, B., & Prasetya, T. (2023). Aktivitas saintifik dalam modul ajar biologi berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 150-162.

Yuliani, R. (2019). Identifikasi dan klasifikasi buah lokal dalam pembelajaran biologi. Jurnal Biologi Indonesia, 5(2), 65-75.

Yulianti, S., & Santoso, H. (2022). Integrasi potensi lokal dalam pembelajaran biologi: Studi kasus buah-buahan lokal. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 14(4), 210-222




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License