Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan

Winda Sari, Nurhasnah Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem Based
Learning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DI
SMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian ini
menggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalah
seluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1
dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalam
penelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilai
rata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media video
adalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan
rata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasi
adalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa
(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694
jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
signifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bantuan
Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Pencawan
School Medan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta

Biologi wordpress: Model Pembelajaran SSCS. Diambil dari https://biologi21.

wordpress.com/2010/10/12/model-pembelajaran-sscs/ diakses tgl 20 Maret 2017

pukul 19.00

Chin, Christine. 2010. Promoting Higher Cognitive Learning In Science Through A

Problem-Solving Approach. Singapore: National Institute of Education, REACT))

Hewindati, Yuni Tri. 2004. Pemahaman Murid Sekolah Dasar terhadap Konsep IPA.

Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka

Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan No. 044, Tahun ke-9, September 2003

Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Kartono, Kartini. 2003. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta:

Rajawali

Koster, Wayan. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa

SLTPN di Jakarta. Jakarta: Mimbar Pendidikan

Sari W, Manurung N, : Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap

Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan

Kusmawan, Udan. 2013. Values Infusion Into Scientific Actions In Environmental

Learning: A Preliminary Research Report (Australia: The University of Newcastle,

Mudzakir, Ahmad. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi

dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Popham, W. James dan Eval L. Baker Penerjemah T. Amirul Hadi. 2001. Teknik Mengajar

secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rifa’i, Veithzal. 2003. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat

Spama Survei di Diklat Depkes (2000). Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,

No. 40 Tahun ke-9, Januari 2003

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Saodih. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Syah, Mulyadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tim Penulis PEKERTI Bidang MIPA. 2001. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat

Pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Jakarta PAU, PPAI Universitas Terbuka

Wahyudi. 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 8 No. 036, Mei 2002

Yusmaidah. 2000. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Peta.

Majalah Pelangi Pendidikan

Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.

Bandung: Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License