Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Penerapan model Peroblem Based
Learning Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekskresi DI
SMA Pencawan School. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2017. Penelitian ini
menggunakan Metode eksperimen semu (Quasi experimen) dengan populasi penelitian adalah
seluruh siswa di kelas XI SMA Pencawan School Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang
berjumlah 61 siswa yang kemudian dijadikan sempel sebanyak 33 siswa dari kelas XI IPA 1
dengan cara pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalam
penelitian ini adalah berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi ekskresi. Nilai
rata-rata pre test sebelum model pembelajaran Peroblem Based Learning bantuan media video
adalah 42,95 dan standar deviasi 8,21 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan
rata-rata post test yang diperoleh setelah model yang diterapkan adalah 68,04 dan standar deviasi
adalah 11,45. Berdasarkan nilai KKM 75 maka sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa
(79%) belum tuntas. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 13,90 sedangkan nilai ttabel = 1,694
jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
signifikan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bantuan
Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Pencawan
School Medan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Biologi wordpress: Model Pembelajaran SSCS. Diambil dari https://biologi21.
wordpress.com/2010/10/12/model-pembelajaran-sscs/ diakses tgl 20 Maret 2017
pukul 19.00
Chin, Christine. 2010. Promoting Higher Cognitive Learning In Science Through A
Problem-Solving Approach. Singapore: National Institute of Education, REACT))
Hewindati, Yuni Tri. 2004. Pemahaman Murid Sekolah Dasar terhadap Konsep IPA.
Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka
Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan No. 044, Tahun ke-9, September 2003
Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Kartono, Kartini. 2003. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta:
Rajawali
Koster, Wayan. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa
SLTPN di Jakarta. Jakarta: Mimbar Pendidikan
Sari W, Manurung N, : Penerapan Model Problem Based Learning Bantuan Media Video Terhadap
Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Pencawan School Medan
Kusmawan, Udan. 2013. Values Infusion Into Scientific Actions In Environmental
Learning: A Preliminary Research Report (Australia: The University of Newcastle,
Mudzakir, Ahmad. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi
dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Popham, W. James dan Eval L. Baker Penerjemah T. Amirul Hadi. 2001. Teknik Mengajar
secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rifa’i, Veithzal. 2003. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat
Spama Survei di Diklat Depkes (2000). Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,
No. 40 Tahun ke-9, Januari 2003
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Saodih. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syah, Mulyadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tim Penulis PEKERTI Bidang MIPA. 2001. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat
Pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Jakarta PAU, PPAI Universitas Terbuka
Wahyudi. 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 8 No. 036, Mei 2002
Yusmaidah. 2000. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Peta.
Majalah Pelangi Pendidikan
Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.
Bandung: Yrama Widya
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i1.1774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan