Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tumbuhan di Hutan Taman Eden 100 Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU Medan.

Nurhayati Nurhayati, Pandu Prabowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pendekatan Student Centered Learning
Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tumbuhan Di Hutan Taman Eden 100 Pada Mahasiswa
Pendidikan Biologi FKIP UISU Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan Metode Eksperiment Semu (Quasi experimen) dengan populasi
penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU Medan yang berjumlah 103
mahasiswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 21 mahasiswa semester 4 Pendidikan
Biologi dengan cara pengampilan sampel dengan teknik Non Probability sampling dengan cara
pertimbangan tertentu (sampling Purposive). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah
berupa test tertulis yaitu pre test dan post test pada materi vegetasi tumbuhan mata kuliah Ekologi
Tumbuhan. Nilai rata-rata pre test sebelum pendekatan Student Centered Learning adalah 50,21
dan standar deviasi 13,07 maka mahasiswa yang termasuk kategori baik sebanyak 3 orang
(14,28%) dan 18 orang termasuk kategori kurang (85,71%). Dan rata-rata post test yang diperoleh
setelah pendekatan Student Centered Learningyang diterapkan adalah 69,92 dan standar deviasi
adalah 7,32 maka mahasiswa yang termasuk kategori baik sebanyak 14 orang mahasiswa (67%)
dan 7 orang termasuk kategori kurang (33%). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung= 6,92
sedangkan nilai ttabel= 1,72 jadi thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan menggunakan Pendekatan Student Centered
LearningTerhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tumbuhan Di Hutan Taman Eden 100 pada
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU Medan


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Surah Az-Zumar, ayat 9

Arikunto. S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta:Rineka Cipta

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Arief, A. 1994. Hutan Hakekat dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Jakarta:

Yayasan Obor Indonesia Jakarta

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dwidjoseputro. 1994. Ekologi manusia dengan lingkungannya. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Ginanjar, Ary Agustian (2002). Emotional Spritual Quotient (ESQ). Jakarta:

Arga.

_http://www.google.com/search/ekologitumbuhan (diakses pada tanggal 27 Februari 2018

pukul 21:00 WIB)

Harsono. 2004. Kearifan dalam transformasi pembelajaran: dari teacher- centered ke

student-centered learning. Jakarta: Seminar Pendidikan

Mohamad, N dan Uno. B. H. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta : Bumi

Aksara.

Odum, EP. 1983. Basic Ecology. Sounders: Philadelphia

Resosoedarmo, Soedjiran. 1985. Pengantar Ekologi. Jakarta : Remadja Karya

Sagala, S. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group Jakarta ;

Rineka Cipta

Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Premedia Group

Nurhayati, Prabowo P : Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning Terhadap Kemampuan

Mengidentifikasi Tumbuhan di Hutan Taman Eden 100 Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP

UISU Medan

Soerianegara, I dan Indrawan, A. 1988. Ekologi Hutan Indonesia. Bogor: Laboratorium

Ekologi Fakultas Kehutanan, IPB

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i1.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License