Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Data Euphorbiaceae Hutan Taman Eden 100

Pandu Prabowo Warsodirejo, Nurhasnah Manurung, Masnadi Masnadi

Abstract


Penelitian di Hutan agrowisata Taman Eden 100 yang terletak di kawasan Lumbang Rang, Desa Sionggang
Utara, Kec. Lumban Julu, Kab Toba Samosir sampai dengan bulan Junii 2019. Penelitian ini dilakukan selama
3 bulan yang dilaksanakan dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2019. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan ‘Metode Survey atau Eksplorasi”. Tujuan data ini untuk mendapatkan data spesies dari
tumbuhan Euphorbiaceae yang ada di hutan Agrowisata Taman Eden 100 kemudian dibuat herbarium dan
dijadikan sebagai perangkat permbelajaran berupa modul. Euphorbiaceae ( suku jarak-jarakan ) merupakan
suku terbesar keempat dari lima suku tumbuhan berpembeluh di kawasan malesiana yang mewadahi 1354
jenis dari 91 marga ( Whitmore, 1995 ) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 jenis tumbuhan
Euphorbiaceae dengan 8 genus yaitu : Bischofhia javanica, Coidaeum variegataum, Euphorbia milli,
Euphorbia pulcherrima, Holmanthus populneus, Jatropha curcas, Mallotus panicilatus, Manihot esculenta,
Riinus comunnis. Hasil data kemudian di deskripsikan dari habitat masing-masing tumbuhan
Euphorbiaceae.Tumbuhan Euphorbiaceae yang ditemukan di Hutan Agrowisata Taman Eden 100 masih
tergolong sedikit ditemukan karena tidak semua lokasi/tempat dijelajahi dan apabila dibandingkan dengan
informasi yang ada bahwa Tumbuhan Euphorbiaceae itu memiliki sekitar 91 marga dan 1354 jenis
Euphorbiaceae.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan dan Iif Khoiru A. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas.

Jakarta: Prestasi Pusaka.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.

Prestasi Pustakarya. Jakarta.

A, Arief . 2001. Hutan dan Kehutanan. Buku. Kanasius. Yogyakarta. 180 p.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Fatimah.2012.Wacana dan Progmatik. Bandung: Rafika Aditama.

Fitriana, Rina. 2008. Mengenal Hutan.Bandung : PUTRA SETIA.

Hapsari, B dan Budiana. 2007. Euphorbia Milli. Penebar Swadya. Jakarta.

Iskandar dan Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, (Bandung PT Remaja

Rosdakarya,2008).

Kartasapoetra, G.1994.Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta.

Prabowo P: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Data Euphorbiaceae Hutan Taman

Eden 100

Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama.

Jakarts : Universitas Indonesia Press.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nazaruddin, 2007. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep. Karakteristik dan

Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyaarta: Teras.

Poppy Kamalia Devi, dkk. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Bandung:

P4TK IPA.

Nana Sudjana.2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses.

Jakarta: Dian Rakyat.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Santyasa. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul.

Makalah di Sajikan dalam pelatihan bagi para guru TK, SD, SMP, SMA, DAN SMK

di Kecamatan di Nusa Penida Kabupaten Klungkung, 12-14 Januari 2009.

Spurr, S.H. and V.B. Burton.1973. Forest Ecology. Second Edition. The Ronald Press

Company, New York.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Weiss, E. Trianto, 2019. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. A. 1971.

Castor, Sesame, and Safflower. Leonard Hill. London.

Whitmore, T.C. 1995. Tropical Rain Forest of the Far East. Claderon Press

Zuhdan, dkk. (2011 hlm 16). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk

Meningkatkan Kognitif, Keterampilan, Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep

Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Psacasarjana. UNY




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i2.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License