Analisis Perbandingan Teknologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Negara Indonesia dan Negara-Negara Eropa (Finlandia, Jerman, Inggris, Belanda)

Ulwa Humairok Gandes Luwes, Herry Widyastono

Abstract


Teknologi merupakan penerapan pengetahuan yang ilmiah, dan tertata. Teknologi merupakan suatu proses atau cara berfikir bukan hanya produk seperti komputer, satelit,dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi pendidikan di Indonesia dan negara-negara Eropa (Finlandia, Jerman,Inggris, Belanda), dalam membantu melaksanakan pendidikan baik formal di sekolah sekolah maupun non formal. Teknologi pendidikan merupakan proses yang komplek dan terpadu untuk menganalisis serta memecahkan masalah belajar atau pendidikan manusia utamanya anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode literatur, yaitu pengumpulana data dari buku pustaka, kemudia dicari data dari paper yang mendukung. Setelah itu data yang terkumpul di analisa, sehingga dihasilkan kesimpulan. Data sekunder diperoleh dari buku pustaka yang mendasari teknologi pendidikan anak luar biasa. Data primer diperoleh dari paper atau jurnal yang ada di situs-situsresmi di internet. Data yang sudah terkumpul disusun kemudia dianalisis , sehingga diperoleh suatu kesimpulan yang sesuai. Kesimpulannya setiap negara-negara di Indonesia dan Negara-negara Eropa memiliki teknologi pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus yang berbeda- beda dan beragam yang fungsinya untuk membantu mempermudah akses anak berkebutuhan khusus untuk memecahkan masalah belajar dalam memperoleh pendidikan

Keywords


Teknologi, Pendidikan, Anak Berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Dewi Salma Prawiradilaga, Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Fatah Syukur. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: MediaGrup.

I Gde Wawan Sudhata, I Made Tegeh. 2015. Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Ishak Abdulhak, Deni Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maswan, Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nunuk Suryani, Achmad Setiawan, Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rusli.2009. Teknologi Komunikasi Informasi dalam Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License