Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020

Ade Silvia, Halim Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-3 SMA Negeri 14 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan/respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 87,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 78,7% dengan kriteria layak.. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains diperoleh skor rata-rata 81,7 dengan jumlah persentase ketuntasan sebesar 85,2% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 29 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan literasi sains serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi virus

Keywords


Pengembangan LKPD, STEM, Model ADDIE

Full Text:

PDF

References


Arafah, S. F., S. Ridhlo, & B. Priyono. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1): 47-53.

Jauhariyyah, R,F. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) Pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol.2.

Khairiyah, Nida’ul. 2019. Pendekatan Science, Teknology, Enginering dan Matematics (STEM). Medan: Guepedia.

Parwati, R., Anna Permanasari, Harry Firman, Tatang Suheri (2015). Studi pendahuluan: Potret mata kuliah Kimia Lingkungan di beberapa LPTK. Jurnal JPII, UNNES, Semarang. Vol 4(1), 1-7.

Pertiwi, R. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Fluida Statis (diakses tanggal 30 Januari 2019).

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA press.

Rissanen, A. 2014. Active and Peer

Learning in STEM Education

Strategy. Science Education

International, Vol. 25(1), 1-7.

Simatupang, H., & Siregar, E. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Biologi Umum I Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Mahasiswa Biologi Angkatan 2015. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 6(2), 17-23.

Toharudin,U., Hendrawati, S., & Rustaman, A., 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License