Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati

Rizki Wulandari, Sri Wardhani, Sulton Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah Non equivalen control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 SMA Unggul Negeri 4 Palembang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 SMA Unggul Negeri 4 Palembang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes tertulis berupa soal yang yang berbentuk uraian yang berjumlah 16 soal yang mengacu kepada soal berpikir kritis. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji t data berpasangan (paired sample t test), hasil yang diperoleh dari perhitungan Paired Sample T-Test dengan (0,05%) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, yaitu didapat nilai t-hitung adalah 7,923 dan nilai t-tabelnya adalah 2,042. Artinya dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati

Keywords


Problem based learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati

Full Text:

PDF

References


Afcariono, Muchamad. (2008). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol. 3 No.2. (Online) (https://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-3-no-2-muchamad-afcariono.pdf) (Diakses pada tanggal 24 Mei 2017).

Ahmatika, Deti. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid. Vol 3. No 1. (Online), (Htt //Fkip Unswagati.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Euclid/Article/View/240), (Diakses pada tanggal 7 Mei 2017).

Astuti. (2015). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 7 No. 3. (Online) (file:///C:/Users/user/Downloads/7385-15518-1-SM.pdf) (Diakses pada 4 Mei 2017).

Danisa., Sri Dwiastuti., dan Suciati. (2013). Pengaruh Model Quided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 3 No. 6. (Online) (Diakses pada tgl. 15 November 2017)

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI. Vol. 1. (Online) (Diakses pada tanggal 12 Oktober 2017).

Facione, Peter A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Facione, PA, “Critical Thinking: What It is and Why it Counts”. (Online). (https://www.nyack.edu/files/CT_What_Why_2013.pdf, diakses pada tanggal 28 Mei 2017).

Indarti, M., Soekamto, H., & Soelistijo, D. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA

Wulandari R, Wardhani S, Nawawi S : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati

Negeri 1 Tugu Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 2 No. 2). (Online) (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelB83E93A7220073F2EE29160D6EE7B0F2.pdf) (Diakses pada tanggal 28 Mei 2017).

Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran matematika dengan Menggunakan Model JUCUMA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, No.1. (Online) (Diakses pada tanggal 24 September 2017). Sulton, N. (2016). POTENSI MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING DALAM MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang (Vol. 1, No. 1). Universitas Muhammadiyah Palembang.

Nopia, Rani., Yulia., Atep Sujana. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No.1. (Online) (http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/viewFile/2996/pdf. (Diakses pada tanggal 27 Mei 2017).

Palestina., Siti, Maryam, dan Padhila. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Biotik. Vol. 2 No. 1. (Online) (file:///C:/Users/user/Downloads/237-431-1-SM.pdf) (Diakses pada 22 April 2017).

Prabowo, P. (2018). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. BEST Journal. Vol. 1 No. 2. (Online). https://doi.org/10.30743/best.v1i2.854

Pratiwi., Rosa, Dewi. (2014). Penerapan Constructive Controversy Dan Modified Free Inquiry Terhadap HOTS Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Fomatif. Vol. 4 No. 2. (Online) (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/144/138) (Diakses pada tanggal 14 Mei 2017).

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar.Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triyuningsih, Eka. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. (Online) (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1602/1/101621-EKA%20TRIYUNINGSIH-FITK.pdf) (Diakses pada 15 Mei 2017).

Wijaya., Etistika, Yuni. (2016). Tranformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Daerah Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016-Uniersitas Kanjuruhan Malang. Vol.1 No.3. (0nline), (http://repository.unikama.ac.id/840/32/263 (Diakses pada tanggal 12 Mei 2017).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License