Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah

Zakaria Siregar, Topan Bilardo Marpaung

Abstract


Teknologi pendidikan sering dikacaukan dengan istilah teknologi pengajaran. Teknologi pengajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan, hal ini didasarkan pada konsep bahwa pengajaran adalah bagian dari pendidikan. kedepan, arus perkembangan TIK akan melaju semakin cepat dan menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan supaya tidak ketinggalan zaman, serta untuk menghadapi tantangan global. Dengan kondisi yang seperti ini, maka pendidikan tidak akan terlepas dari internet, komputer, dan fasilitas TIK lainnya sebagai alat bantu utama dalam proses pembelajaran. Untuk dapat memanfaatkan TIK dalam memperbaiki mutu pembelajaran, ada tiga hal yang harus diwujudkan, yaitu: 1. Peserta didik dan guru harus memiliki akses teknologi digital di dalam lingkungan lembaga pendidikan. 2. Adanya materi yang berkualitas dan bermanfaat bagi guru dan peserta didik. 3. Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media-media pembelajaran digital untuk membantu siswa agar mencapai standar akademik dan mengembangkan potensinya

Keywords


Teknologi Informasi , TIK, Pembelajaran, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Anas, M., dkk, 2006, Pemberdayaan Guru-Guru Fisika SMA Se Kota Kendari melalui Pengajaran Fisika Berbasis Teknologi Informasi, Laporan Pengabdian, Kendari : FK8PT Unhalu

Baron, R. A. dan Donn Byme, 1964, Social Psychology, 7th., Boston: Allyn and Bacon

Dakir, 1993, Dasar-dasar Psikologi, Yogyakarta : Pustaka belajar

David, Berlo K. 1960. The Process of Communication, An introduction in Theory and Practice (New York, Chicago: by Halt, Rinehard and Winston, Inc.

Fleming, M. dan H. Levie, 1981, Instructional Message design; Principles for the behavior sciences, Englewood Cliffs, New York : Educational Technology. Publ.

Hardjito, 2004, Aplikasi Computer Assisted dan Learning pada Bidang Pendidikan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 6

Iskandar, A., 2005, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas IX, Cet. I, Bandung : Regina

Iskandar, A., 2004, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VII, Cet. I, Bandung : Regina

Iskandar, A., 2004, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VIII, Cet. I, Bandung : Regina

Lie, T.L., 1996, Pengantar Filsafat Teknologi, Yagyakarta: Penerbit ANDI,

Mann, L., 1969, Social Psychology, Sidney: John Wiley & Sons

Mar’at, 1984, Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya, Jakarta: Ghalia Indonesia

Poerwadarminta, WJS., 2003, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Prasetyo, Irawan. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar, Jakarta: Dirjen Dkti Depdikbud, 1997.

Sadli, S., 1977, Persepsi Sosial mengenai Perilaku Menyimpang, Jakarta : Bulan Bintang

Sardiman, 1992, Interaksi dan Motivsi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Press

Sarwono, S. W., 1992, Psikologi Lingkungan, Jakarta: Grasindo

Seels, B. B. & Rita C. Richey, 1994, Instructional Technology : The Definision and Domains of the Field. Washington : AECT

Sudjana, N., Achmada Rivai, 2001, Teknologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Sinar Baru Algensindo

Sumardjoko, B., 1995, Persepsi, Sikap pada Pengajaran Sejarah dan Pemahaman Nilai-nilai Kepahlawanan, Tesis : IKIP Jakarta.

Suparman Atwi, 2001. Kawasan Teknologi Pendidikan, Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

Suriasumantri, J. S., 1999, Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer , Jakarta : Pustaka Sinar Harapan




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License