Pemanfaatan Ekstrak Kulit Nanas (Ananas comosus L.) Dalam Pembuatan Hand Wash Sebagai Antibakteri

Adilah Wirdhani Lubis, Julia Maulina

Abstract


Pada umumnya limbah kulit nanas di buang dan menjadi sampah yang tidak tertangani, padahal dari hasil uji fitokimia kulit nanas mengandung senyawa flavonoid, tanin dan saponin serta mengandung senyawa yang berpotensi sebagai antibakteri. Salah satu pemanfaatan limbah kulit nanas (Ananas comosus L.) yaitu dengan menambahkan kulit nanas yang diolah menjadi ekstrak yang kemudian ditambahkan pada proses pembuatan Hand Wash atau sabun cair cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit nanas (Ananas comosus L.) sebagai anti bakteri pada pembuatan Hand Wash. Selanjutnya dilakukan pengujian aktivitas antibakteri pada Eschericia coli dan Staphylococcus aureus. Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak kulit nanas yang diaplikasikan sebagai Hand Wash dapat menghambat pertumbuhan bakteri dengan baik yang menghasilkan zona hambat sebesar 9,9 mm pada Eschericia coli dan 10,9 mm pada Staphylococcus aureus

Keywords


Ekstrak kulit nanas, aktivitas bakteri

Full Text:

PDF

References


Ari, Wibisana. dan Budiyono. 2004. Pembuatan Sabun Cair Dengan Bahan Dasar Alkil Benzen Sulfonat. (http://www.angelfire.com, accessed on Februari 2007).

Chanda, S., Baravalia, Y., Kaneria, M. and Rakholia, K. 2010. Current Research Technology and Education Topic in Applied Microbiology and Microbial Biotechnology. A. Mendez-Vilas (Ed). Pp 444 – 450.

Darwis, A. Azis. Dan Sakara, E. 1990. Isolasi, Pemurnian dan Karakterisi Enzim. Bogor: IPB

Depkes, RI.(2007). Pendidikan kesehatan. www.depkes.go.id.

Price, S. dan Wilson, L. 2005. Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi

EGC, Jakarta.

Rahman, M.A. 2012. Kitosan sebagai bahan antibakteri alternatif dalam formulasi gel pembersih tangan (Hand Sanitizer). Bogor. Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Suerni Endang, Alwi Muhammad dan Guli Musjaya M. 2013. Uji Daya Hambat Ekstrak Buah Nanas (Ananas comosus L. Merr.), Salak (Salacca edulis Reinw.) dan Mangga Kweni (Mangifera odorata Griff.) terhadap Daya Hambat Staphylococcus Aureus. Universitas Tadulako Kampus Bumi Tadulako Tondo Palu. Sulawesi Tengah.

Thaker S., Lodhia M.H., Bhatt K.R 2009. Antibacterial Activity of Essential Oils from Palmarosa, Evening Primrose, Lavender and Tuberose. India. Journal of Pharmaceutical Sciences, 134-136




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License