Studi Komparasi Negara Indonesia Dengan Negara Lain Tentang Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Khusus Menggunakan Studi Komparasi Teknologi Asistif Negara Maju dan Berbasis Literasi

Misbahul Arifin, Herry Widyastono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang studi bagaimana perbandingan atau komparasi Negara Indonesia dengan Negara lain memanfaatkan teknologi dalam pendidikan khusus, dimana studi teersebut menggunakan studi komparasi teknologi Negara asistif Negara maju dan kajian studi berbasis literasi. Dalam hal ini tentunya pihak sekolah harus memahami cara guna dari teknologi asistif tersebut dan perlu adanya kerja sama dari para teknologi .pembelajaran yang diharapkan dapat merancang sebuah pembelajaran dan memecahkan permasalahan yang menghambat Anak Berkebutuhan Khusus dalam menempuh pendidikan bahkan aktifitas kesehariannya. Sehingga Anak Berkebutuhan Khusus tetap dapat produktif seperti anak regular dan juga memiliki masa depan yang cemerlang dan memberikan kemandirian bagi anak. Dalam Metode nya digunakan penggunaan teknologi bantu/asistif bagi anak berkebutuhan khsusu di Indonesia yang terus mengalami peningkatan ditinjau dari segi perancangan dan alat yang digunakan serta pengembangan yang ditinjau dari segi keberfungsian. Teknologi yang digunakan seperti IPads untuk anak dianggap efektif untuk membantu anak berkebutuhan khusus yang mempunyai keterbatasan verbal maupun nonverbal sebagai media alternative. Pada negara Australia Teknologi bantu dapat mengatasi beberapa gangguan seperti : (a)Sensorik, (b)Intelektual, (c)masalah fisik atau kesehatan. Di Negara Jerman diseusaikan dengan jenis ketunaan, dan di Negara Amerika Serikat terdapat beberapa teknologi yang digunakan adalah : (a) Papan komunikasi (b) Teks Suara (c) Teknologi Pengenalan Suara (d) Tablet (e)Aplikasi. Dari perbandingan dengan ke 6 negara lainnya bahwa Indonesia masih kurang dan perlu dikembangkan dalam pengembangan teknologi bantu pada ABK dalam segi kemandirian dan paska sekolah

Keywords


Teknologi, Anak Berkebnutuhan Khusus (ABK, Komparasi, Ketunaan, Literasi

Full Text:

PDF

References


Hermanto.2010.PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF MEMBUTUHKAN KESERIUSAN MANAJEMEN SEKOLAH.Jurnal Pendidikan Khusus,(16)1, 65-81

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 Tahun 2011 mengenai kebijakan penanganan Anak Berkebutuhan Khusus

Yaum dan Mais.2015. PERAN TEKNOLOGI ASISTIF TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PERKULIAHAN MAHASISWA TUNANETRA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA TUNANETRA PRODI. PENDIDKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN IKIP PGRI JEMBER). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN KHUSUS

Ekawaty, Fadlyanan.2015. Pemanfaatan Teknologi IPads untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus.Kompasiana

Purnomo,dkk.2016. Rancangan multimedia pembelajaran untuk terapi anak berkebutuhan khusus. SMATIKA Jurnal , (06), 01-10

MD.2015.Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , (09),

NCET.1993. NATIONAL COUNCIL FOR TEACHER EDUCATION. AUTHORITY: New Delhi

Fossestol.2007.Hvorfor lykkes ikke NAV-konterene med a jobbe mer arbeidsrettet?. Sokelys pa arbeidslivet, (33), 01-02




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License