Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta)

Serla Kusuma Arum, Herry Widyastono, Bapak Sunardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan kajian terkait penerapan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta, meliputi landasan penyelenggaraan pendidikan inklusi, kurikulum yang digunakan, pendidik dan tenaga kependidikan,sarana dan prasarana pendidikan inklusi, sistem penerimaan ABK, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, proseder penilaian serta keadaan lingkungan sekolah inklusi. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta masih terkendala dengan belum adanya kurikulum khusus untuk ABK, sekolah menggunakan kurikulum 2013 dengan modifikasi untuk mengakomodasi ABK yang bersekolah disana

Keywords


Pendidikan Inklusi, SDN Bromantakan 56 Surakarta

Full Text:

PDF

References


Agustyawati & Solicha. (2009). Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Coiri, A. S & Yusuf, M. (2009). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta: Inti Media Surakarta.

Erawati, dkk. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Studi Sosial. Vol 4. No 1. 20-29.

Mayasari. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Studi Kasus SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Inklusi:Journal of Disability Studies. Vol 3. No.1. 1-18.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendiknas nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Stubb, S. (2008). Inclusive Edication Where There are Few Resources. Norway: The Atlas Alliance.

Tarmansyah.(2007). Inklusi Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License