Analisis Kesiapan Guru Terhadap Program Inklusi

Imas Firli, Herry Widyastono, Bapak Sunardi

Abstract


Pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di kelas reguler sudah menjadi trend global. Program ini berdampak pada siswa berkebutuhan khusus di kelas regular, orangtua siswa berkebutuhan khusus, bahkan tenaga pendidik dan anggota sekolah lainnya. Pengaruh terhadap kemajuan program pendidikan inklusi dirasakan oleh beberapa pihak, tenaga pendidik yang diteliti disini mempunyai kendala dalam pemahaman dan bagaimana cara menyikapi anak berkebutuhan khusus di kelas regular, sehingga perlu adanya penelitian terkait dengan presepsi kesiapan mengajar menurut para guru regular terhadap program inklusi yang telah diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode pengisian angket dan wawancara sehingga hasil penelitian tidak menjadi disalah artikan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa presepsi guru terhadap program inklusi sangat positif namun terdapat beberapa temuan terkait dengan pemahaman guru regular terhadap program inklusi.

Keywords


Presepsi, Guru kelas, Program inklusi

Full Text:

PDF

References


Choiri, Abdul Salim. dkk. 2009. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus secara Inklusif.

Boyle, C., Topping, K., Jindal-Snape, D., & Norwich, B. (2012). The importance of peer-support for teaching staff when including children with special educational needs. School Psychology International, 33(2), 167-184. doi: 10.1177/0143034311415783

Darma, I., & Rusyidi, B. (2015). Implementasi Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding of KS: Penelitian & PKM, 147–300.

De Boer, A., Pijl, S. J., & Minnaert, A. (2010). Regular primary schoolteachers’ attitudes towards inclusive education: a review of the literature. International Journal of Inclusive Education, 15(3), 331-353. doi: 10.1080/13603110903030089

Gaad, E., & Khan, L. (2007). Primary Mainstream Teachers' Attitudes towards Inclusion of Students with Special Educational Needs in the Private Sector: A Perspective from Dubai. International Journal of Special Education, 22(2), 95-109.

Hofman, R. H., & Kilimo, J. S. (2014). Teachers’ Attitudes and Self-Efficacy Towards Inclusion of Pupils With Disabilities in Tanzanian Schools. Journal of Education and Training, 1(2), 177-198. doi: 10.5296/jet.v1i2.5760

Kustawan & Hermawan. (2013). Model Implementasi Pendidikan Inklusi Ramah Anak. Jakarta : Luxima.

Mudjito, Harizal, & Elfindri. (2013). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.Peck, C. A., Staub, D., Gallucci, C., & Schwartz, I. (2004). Persepsi orang tua tentang dampak inklusi pada anak yang tidak cacat. Penelitian dan Praktek untuk Penyandang Cacat Berat, 29 (2), 135–143. https://doi.org/10.2511/rpsd.29.2.135.

Schwarz, N., & Bohner, G. (2001). The Construction of Attitudes. In A. Tesser & N. Schwarz (Eds.), Blackwell handbook of social psychology: Intraindividual processes (pp. 436-457). Oxford, UK: Blackwell.

Subban, P., & Sharma, U. (2006). Primary school teachers’ perceptions of inclusive education in Victoria, Australia. International Journal of Special Education, 21(1), 42-52.

Sukbunpant, S., Arthur-Kelly, M., & Dempsey, I. (2012). Thai preschool teachers' views about inclusive education for young children with disabilities. International Journal of Inclusive Education, 17(10), 1106-1118. doi: 10.1080/13603116.2012.741146

Wilson,G.L., & Michaels, C.A.(2006). General and special education students’perceptions of co-teaching: Implications for secondary-level literacy instruction. Reading and Writing Quarterly, 22(3), 205–225. https://doi.org/10.1080/10573560500455695.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License