Persepsi Mahasiswa Terhadap Asal Usul Manusia

Tomi Apra Santosa, Dharma Ferry, Doli Witro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai persepsi mahasiswa jurusan tadris biologi dan PAI IAIN Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah 1) Observasi, mengamati pembelajaran evolusi dan Ilmu Alamiah Dasar (IAD), 2) Wawancara, Mahasiswa semeseter 6 dan 3) Dokumentasi, bersumber dari buku The Origin of Spesies By Means of Natural Selection, Descent Of Man dan Tafsir. Analisis data adalah Kodifikasi data, Penyajian data dan Kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang didapat dilihat dari dua sisi sains dan agama. Persepsi mahasiswa biologi dari segi sains menyatakan kebenaran teroi evolusi Darwin, sedangkan dari segi agama menyatakan penolakan terhadap teori evolusi Darwin. Persepsi mahasiswa PAI dari segi sains menyatkan bahwa asal usul manusia berasal dari makhluk hidup sebelumnya, sedangkan dari segi agama menolak kebenaran teori Darwin

Keywords


Persepsi, Teori evolusi, Sains dan Agama

Full Text:

PDF

References


Abror, I. (2007). Refleksitentang hubungan sains dan ag ama bagiumat islam. Aplikasia, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, VIII(1), 77–84.

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Anderson, D. L., Fisher, K. M., & Norman, G. J. (2002). Development and evaluation of the conceptual inventory of natural selection. Journal of Research in Science Teaching, 39(10), 952–978.

Creswell, J. W. (2009). Research: Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Agama. (2012). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Insan Muda Putaka.

Franz Dahler. (2011). Teori Evolusi : Asal dan Tujuan Manusia. Kanisius.

Ha, M., Baldwin, B. C., & Nehm, R. H. (2015). The Long-Term Impacts of Short-Term Professional Development: Science Teachers and Evolution. Evolution: Education and Outreach, 8(1), 2–23.

Helmi, H. (2017). Evolusi Antar Species (Leluhur Sama dalam Perspektif Para Penentang). Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 9(2), 83–93.

Junaidi, H. (2010). Adam dan Hawa Bukan Manusia Pertama: Teori Evolusi dan Asal Usul manusia di Dalam Al-Qur’an.Yogyakarta: Jejak Kata Kita.

Kattsoff, L. O. (1987). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yigya.

Nelson, C. E. (2008). Teaching evolution (and all of biology) more effectively: Strategies for engagement, critical reasoning, and confronting misconceptions. Integrative and Comparative Biology, 48(2), 213–225.

Saputra, A. (2017). Persepsi mahasiswa calon guru biologi tentang pembelajaran materi evolusi di SMA: Studi kasus mahasiswa pendidikan biologi fkip universitas sebelas maret surakarta. Bioeducation Journal, 1(1), 1–9.

Sumarno, & Masudi, M. (2016). Urgensi Penciptaan Manusia dalam Perspektif Islam dan Protestan. Jurnal Studi Agama-Agama, 2.

Suwarjono, H., Rustaman, N. Y., Rustaman, N. Y., Sudargo, F., Sudargo, F., Hidayat, T., & Hidayat, T. (2019). Perspektif Ilmiah Dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi Di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83.

Syafii, A. (2006). Kritik islam atas teori evolusi darwin. Hunafa, 3, 263–274




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License