Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa

Allif Syahputra Bania, Imran ,

Abstract


Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca bahasa Aceh berbasis teks pada mata pelajaran muatan lokal bahasa Aceh di SD 10 Kota Langsa. Sampel  disesuaikan dengan keadaan new normal dimana siswa dipilih sebanyak 15 orang siswa yang mudah dijumpai dan diberikan izin oleh wali siswa untuk menjadi objek penelitian serta dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan. Selanjutnya Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian langsung yaitu: Observasi, memberikan tes dan menganalisis data hasil tes untuk menentukan tingkat kemampuan literasi membaca bahasa Aceh

Keywords


Literasi, Membaca, Siswa

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. dan Cahyono, B.E.H. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Baca di SMA Negeri 1 Geger. Jurnal Linguista. 1 (2): 55-62.

Frankel, Katherine K., Becker, Bryce L.C, Rowe, Marjorie W. dan Pearson, P. David. 2016. From “Whast is reading?” to What is literacy?. Journal of Education; Becoming a Nation of Reader: Retrospectives and Visions. 196 (3): 7-17.

Hanum, N. 2018. Analisis Kemiskinan dan Ketimpangan Distribusi Pendapatan di Kota Langsa; Studi kasus Gampong Matang Seulimeng. Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 2, No.2.

Hapsari, W., Ruhaena, L. dan Pratisti, W. D. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi. 44 (3): 177-184.

Ibda, H. 2017. Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. Jurnal Shahih. 2 (2): 194-207.

Kasiyun, S. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia. 1 (1): 79-95.

Muhammadi, Taufina dan Chandra. 2018. Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. Jurnal LITERA. 17 (2): 202:212.

Sari, N. 2018. Integrasi Agama dan Budaya Aceh dalam Pembentukan Etos Kewirausahaan; Studi Kasus HIPMI dan KPMI Kota Langsa. Jurnal UIN-SU: Kitabah. 2 (2): 226-245.

Schimdt, C. 2018. Ethnographic Research on Children’s Literacy Practices: Children’s Literacy Experiences and Possibilities for Representation. Journal Ethnograpy and Education. 14 (4): 1-16.

Stebbing, D., Shelley, J., Warnes, M. and McMaster, C. 2019. What academics really think about information literacy. Journal of Information Literacy, 13(1), pp.21–44.

Steensel, R., Oostdam, R. dan Gelderen, A. 2019. Affirming and Undermining Motivations for Reading and Associations with Reading Comprehension, Age and Gender. Journal of Research and Reading. 00 (00): 1-17. ISSN 0141-0423. DOI:10.1111/1467-9817.12281.

Whitten, C., Labby, S. dan Sullivan, S.L. 2016. The Impact of Pleasure Reading on Academic Success. The Journal of Multidisiplinary Graduate Research. 2 (4): 48-64.

Yati, D. 2015. Menyelamatkan Bahasa Daerah Melalui Pembelajaran Bahasa Yang Komunikatif. Proseding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. 157-170




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License