Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa

Tri Mustika Sarjani, Nursamsu ,

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Biologi Langsa Dalam Menerapkan Tahapan Lesson Study. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi 30 yang bergabung dengan MGMP Biologi Kota Langsa. Teknik pengunpulan data dalam penelitian berupa yaitu observasi dan berupa soal tes  mengenai kemampuan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan teknik analisa data adalah teknik Normalized Gain. Hasil dalam penelitian ini adalah  Penerapan pembelajaran lesson study tahap perencanaan (plan) dengan nilai 0,32% dapat dinyatakan baik, sedangkan pelaksanaan (do) nilai yang diperoleh 0,35% dinyatakan sedang dan refleksi (see) nilai yang diperoleh 0,42%, maka hasil yang diperoleh dari ke tiga pembelajaran lesson study dinyatakan baik untuk diterapkan sebagai proses pembelajaran. Penilaian dari hasil kegiatan ini di ukur peningkatan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II

Keywords


Lesson Study, Kompetensi, MGMP Biologi

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto , (2014) , Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Kencana.

Friedkin, Shelley (2005) What is Lesson Study?. [Online]. Tersedia: http://www.lessonresearch.net/ . [29 Juli 2020].

Fraenkel, Jack R. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education 7th Edition, New York: McGraw-Hill.

Farida, A. (2016). Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Matematika STMIK Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Derivat, 3(2), 17-24.

Hendayana,S., dkk. 2006. Lesson Study: Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (pengalaman IMSTEP-JICA).

Hake, R.R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No.1.

Juwairiyah, 2009. Profesionalisme Guru melalui Lesson Study. http://sumut.kemenag.go.id. Diunduh tanggal 10 Agustus 2019.

Isoda,M. 2010. Lesson Study: Problem solving Approaches in Mathematics Education as Japanese Experiences. http//doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.003. Diunduh tanggal 19 Maret 2020.

Nudji, D. A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa PPKN Melalui Pembelajaran Lesson Study. Jurnal Heritage, 2(2), 9-18.

Nuursamsu, dkk. (2018). Aplikasi Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Kota Langsa. Jurnal Pendidikan Biologi 8 (1), 14 – 19.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Guru

Rokhmawati, A. (2011). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Biologi FMIPA UM dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang.

Rozak, A., & Fauziah, E. (2013). Implementasi lesson study sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa indonesia di SMP kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(1), 1-11.

Susilo, H. (2006). Apa dan Mengapa Lesson Study Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA. In Makalah. Disajikan dalam Seminar Peningkatan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA melalui Lesson Study, di Singaraja (Vol. 25).

Sukirman. (2006). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Lesson Study. Makalah Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan 2 Hari untuk Fasilitator dan Tim TPK SISTTEMS Bantul Emergency Program Pada 29 Juli 2020.

Santrock, John W.2009. Educational Psychology 4th Edition. New York: McGraw-Hill.

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34 Lawang, Tanggal 9 Juli 2013.

Widjajanti, D.B. (2006). Pengembangan Kompetensi Guru Matematika Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dan Konferensi Nasional Matematika di Universitas Negeri Semarang pada 30 Juli 2020.

White, A. L., & Lim, C. S. (2008). Lesson study in Asia Pacific classrooms: Local responses to a global movement. ZDM, 40(6), 915-925




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License