Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Melempar Bola Pada Olahraga Boccia Dengan Pendekatan Hots Di SMALB – D1 YPAC Surakarta

Ulwa Humairok Gandes Luwes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media olahraga Boccia dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar melempar bola di SMALB – D1 YPAC Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif kolaboratif. Penelitian dilaksanakan di SMALB – D1 YPAC Surakarta dengan subyek berjumlah 5 siswa yang terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan. Pada kemampuan awal terlihat 1 siswa yang melakukan gerak melempar bola. Pada Siklus I sudah mengalami kemajuan menjadi 3 siswa melempar bola dengan baik. pada Siklus II tingkat keaktifan siswa terpenuhi. Dengan diberikan media olahraga bocid, siswa sudah aktif mengikuti kegiatan melempar bola, sehingga indikator keaktifan siswa telah terpenuhi

Keywords


Motorik Kasar, Melempar Bola, Boccia

Full Text:

PDF

References


Abdul Salim CH. 2006. Makalah : Hambatan dan kebutuhan anak gangguan motorik. Jakarta : direktorat P2TK dan KPT. Dikti. Depdiknas.

Abdul Salim CH. 1996. Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy. Jakarta : Ditjen Dikti. Depdikbud.

Abdul Salim CH. 1995. Fisioterapi dan Gina Gerak. Surakarta : UNS Press.

Ari Kunto, Suharsimi. 1997. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Asrori. M. 2007. Penelitian Tinakan Kelas. Bandung : Wacana Prima.

Dar Mansyah. 2006. Tekhnik Belajar yang Menyenangkan. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dikmenum Depdiknas.

Endang Rini Sukamti. 2007. Pengembangan Motorik Diktat. Yogyakarta : FIK UNY.

Fatimah Suroko, NY. 2013. Orang Tua Special untuk Anak Special. Jakarta : YPAC Nasional.

Hamalik Oemar. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.

Miles Mettew B dan A. Ichael Hubedman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK R&D). Surakarta : Fairus Media.

W.J.S. Poerwa Darminto. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License