Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung T.P 2019/2020

Aisyah Rahma Nasution, Halim Simatupang, Daryanti ,, Alfrida Siregar, Rohani Regina Sagala, Supraba Ika Sari, Mery K Sidabuke

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 11 Medan Tembung Kota Medan T.P 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 hingga 25 Februari 2020. Sampel penelitian adalah seluruh Guru Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung. Instrument penelitian dengan triangulasi teknik yaitu memberikan dua jenis instrument berupa soal tes dan wawancara kepada satu sumber data serta peneliti sendiri sebagai instrument utama penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Profil PCK berdasarkan Komponen-komponen yang dimiliki PCK. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh pada Komponen Pengetahuan Materi Pembelajaran Sangat baik, Komponen pengetahuan Peserta Didik dan Karakteristiknya Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Pedagogik Umum Sangat baik, Komponen Pengetahuan Komtent Pedagogik Kurang Baik, Komponen Pengetahuan Konteks Pembelajaran Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Kurikulum baik, dan Komponen pengetahuan Strategi Mengejar Kurang Baik. Sehingga secara Keseluruhan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh Guru-Guru Biologi SMA Negeri 11 adalah Baik

Keywords


Profil, Pedagogical Content Knowledge (PCK), Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S. (2016). Perkembangan Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi pada Pendekatan Konkuren. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3: 349-356.

Chairunnissa, Connie. (2017). Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan Problem Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Jakart: Prenada.

Margiyono, Mampouw. (2011). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional. Pulikasi Seminar Nasional.

Maryani. (2016). Strategi LPTK Dalam Mengembangkan Kompotensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan. 1(2), 98-106.

Maulipaksi, Desliana. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. [Online]. http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015. Diakses 25 Februari 2016.

Mukhtar, dkk, (2001). Mengukur Prestasi Panduan Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Misaka Galiza.

Nurhamidah. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran. 3(1): 27-38

Palupi, R., Anita, S., Budiyono. (2014).Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dangan Hasil Belajar IPA siswa Kelas VIII di SMPN 1 Pasitan .Jurnal Tecnologi Pendidikan dan Pembelajaran.2(2): 2354-6441.

Sanjaya. (2005). Profesi Kependidikan Problem, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Alfabeta.

Shulman, L. S. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Havard Educational Review. 57(1), 1-21.

Subanji. (2015). Peningkatan Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika dan Praktiknya dalam Pembelajaran Melalui Model Pelatihan TEQIP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitri. (2014). Efektivitas Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Sub Materi Sistem Pencernaanmanusia Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Medan: Unimed Press.

Winarni, Endang W. (2018). Teori dan Prakttik Penenlitian Kuantitatiif Kualitatif Penelitaian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Yenni, E., Firdaus, L. N., & Yosua, H. (2014). Analisis keterampilan technological pedagogical content knowledge (TPCK) guru biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67-72.

Yohafrinal, Damris, & Risnita. (2015). Analysis Pedagogical Content Knowledge Mathematic of science’s teachers SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Edu-Sains, 4(2), 15-24.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License