Pengetahuan dan Pemanfaatan Limbah kain Perca Menjadi Masker Sebagai Pencegahan Covid-19

Elfrida ,, Erni Junaida

Abstract


Proses kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh tim pengabdian adalah untuk mengetahui pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan limbah kain perca dijadikan masker yang berguna bagi masyarakat sebagai pencengahan covid-19. Hal ini membuat tim pengabdian untuk memberikan pelatihan membuat masker dari limbah kain perca kepada ibu PKK Desa matang Teupah Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Metode yang ditawarkan kepada ibu PKK dalam kegiatan pengabdian adalah pelatihan dengan cara berceramah menjelaskan proses pembuatan masker dari limbah kain perca. Sampel dalam kegiatan pengabdian ini berjumlah 30 ibu PKK yang dilatih oleh tim pengabdian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pelatihan dan angket pengetahuan dan pemanfaat setelah kegiatan pengabdian dilaksanakan. Hasil yang didapat dalam kegiatan pengabdian adalah pengetahuan dengan memperoleh nilai 82,4% ibu PKK mengetahui proses pembuatan masker dari pelatihan sedangkan pemanfaatan dengan nilai 68% dinyatakan sering memanfaatkan masker kain semenjak terjadinya penyebaran covid-19.


Keywords


Masker, Kain Perca, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Kak Muksin, Yuk Membuat Alat Peraga Edukatif dari Barang Bekas, Diva Press, Jakarta

Lubna Fatiha, Souvenir dari Perca, Trubus Agrisarana, Surabaya.

Novita, dkk. 2014. Tingkat Pengetahuan Tentang TB Paru Mempengaruhi Penggunaan Masker Di Ruang Paru Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 7. No. 12. Surabaya : STIKES Hang Tuah.

Prihantana, dkk. 2016. Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkolosis Di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Farmasi Sains Dan Praktis. Vo. 2. No. Poltekkes Bhakti Mulia.

Priyanto, Agus. 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Kekambuhan Luka Diabetik. Jurnal Ners Dan Kebidanan. Vol. 5 No. 3. Kediri : STIKES Ganesha Husada.

Rifki Azis dan Nurheti Yuiarti, Bisnis menggiurkan dari kain perca, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License