Studi Pengetahuan Masyarakat Terhadap Konsep Ekowisata Hutan Bakau Di Gampong Kuala Langsa

Siska Rita Mahyuni, Ekariana S Pandia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana tingkat pengetahuan masyarakat Kuala Langsa terhadap konsep ekowisata hutan mangrove yang berlokasi di area tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa hampir sebagian besar masyarakat sekitar kurang memahami konsep ekowisata di daerah Kuala Langsa. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: rendahnya tingkat pendidikan mayoritas masyarakat (tamat SD) di Kuala Langsa, kurangnya intensitas edukasi ekowisata oleh pihak terkait, dan taraf ekonomi yang rendah sehingga masyarakat kurang memperhatikan isu lingkungan yang terjadi di wilayah ekowisata Kuala Langsa.

Keywords


Ekowisata, Kuala Langsa, Pengetahuan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta:Jakarta.

Hidayati, Juli. 2016. Analisis Potensi Sumberdaya Ekosistem Mangrove Untuk Pengembangan Ekowisata di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat. Skripsi: UniversitasNegeri Medan.

https://www.kompasiana.com/luluulfirdausiah/5c15065112ae940dd72d49a8/rhizophora-sp-si-pemecah-gelombang. diakses pada tanggal 20 agustus 2020.

Masriadi. 2019. Kota Langsa Kembangkan Ekowisata Hutan Mangrove. https://www.kompasiana.com/nia_agustin/5c6aa0e512ae945fae63ac b2/relevansi-pendidikan-karakter-bagi-orang-dewasa?page=all. diakses pada tanggal 13 Agustus 2019.

Mawardi & Sarjani, Tri Mustika. 2017 Pengelolaan Alam dan Pesisir. Prodi Pendidikan Biologi Universitas Samudra: Langsa.

Muntasib, Harini. 2014. Rekreasi Alam dan Ekowisata. IPB Press: Bogor.

Suwardi, AB & Zidni IA, & Sofiyan. 2017. Komposisi Jenis Dan Cadangan Karbon Tersimpan Di Hutan Mangrove Kuala Langsa, Aceh. SEMNAS BIOETI KE-4 & KONGRES PTTI KE-12: Padang




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License