Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) di Main Nursery

Saroha Manurung, Aulia Juanda DJS, Rudyanto Marpaung

Abstract


Minyak kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) sebagai sumber minyak nabati penting selain kelapa, kacang-kacangan, jagung, dll. Salah satu teknik teknis budidaya yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan benih dengan pemberian pupuk makro dan pemberian pupuk kandang sebagai pengganti pupuk konvensional. Pemberian pupuk konvensional pada kelapa sawit merupakan tanaman yang sulit dan berbahaya untuk rusak atau mati jika penerapannya tidak hati-hati. Tindakan pendistribusian pupuk kandang yang masih tersedia dalam jumlah banyak diharapkan dapat mengatasi perusahaan kelapa sawit, serta meminimalisir pengeluaran pupuk dan mengurangi penggunaan pupuk konvensional. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengaruh pemberian dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan percobaan Kampus STIPAP Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dimulai dari bulan April sampai dengan Juli 2018. Penelitian ini menggunakan RBP program non faktorial (Program Acak Kelompok) dengan 5 perlakuan dan 6 ulangan dengan hasil berjumlah 30 biji. Sistem perlakuannya adalah K0: kontrol (pupuk NPK 16:16:16), K1: pupuk kandang (dosis 0,6 kg / polibag), K2: pupuk kandang (dosis 1,5 kg / polibag), K3: pupuk kandang (dosis 2 , 4 kg / polibag), K4: pupuk kandang (dosis 3,3 kg / polibag). Hasil penelitian pengaruh pemberian dosis pupuk kandang dengan pengendalian pupuk NPK berpengaruh terhadap parameter tinggi dan tidak signifikan untuk parameter daun, batang, bobot basah dan bobot kering tanaman. Perlakuan K1 (0,6 kg / polibag) sebagai dosis pupuk kandang yang paling berperan dalam semua parameter pengamatan

Keywords


Kelapa Sawit, Pembenihan, Pupuk Kandang

Full Text:

PDF

References


Budi Susilo, S. 2014. MembuatPupuk Kandang SecaraCepat. Penebar Swadaya. Jakarta.

Fauzi, Y., Yustina Erna Widyastuti, Iman Satyawibawa, dan Rudi Hartono Paeru.. 2012. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hardiyani C. 2014. Pengaruh Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit

Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Bibit Kelapa Sawit (Elais guineensis Jacq).

Hartatik, W ., Widowati, L.R., 2005. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati, Kode Sumber Summary-pupuk kandang.pdf

Mangoensoekarjo, S. 2008. Manajemen Agrobisnis Kelapa Sawit. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Pahan, I. 2008. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Prajinanta, 2009. Pupuk Organik : Cair dan Padat, Pembuatan, Aplikasi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Samekto, R. 2006. Pupuk Organik. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Sutriadi, M.T ., R. Hidayat, S. Rochayati, dan D. Setyorini, 2005. Ameliorasi Lahan Dengan Fosfat Alam Untuk Perbaikan Kesuburan Tanah keringM Masam Typic hapludox Di Kalimantan Selatan. Hlm. 143-155 Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Sumber Daya Tanah dan Iklim. Buku II. Bogor, 14-15 September 2004. Pusat penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, Bogor.

Syukur, A., Titi Wurdiayani, dan Udiono, 2000. Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Turus Nilam Di Tanah Regosol Pada Berbagai Tingkat Kelengasan Tanah. Hlm. 465-476 Dalam Prosiding Kongres Nasional VIII HITI. Pemanfaatan Sumberdaya Tanah Sesuai Dengan Potensinya Menuju Keseimbangan Lingkungan Hidup Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. BukuI. Bandung 2-4 November 1999.

Tim Bina karya Tani. 2009. Tanaman kelapa Sawit. Cv. Yrama Widya. Bandung.

Tim Pengembangan Materi LPP. 2010. Buku Pintar Mandor Tanaman Kelapa Sawit (Edisi Revisi). Medan.

Valentinus Sondang ., Armaini, dan Gulat M.E Manurung. 2012.

Pengaruh Pemberian Pupuk Organik dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elais guineensis Jacq) pada Mein Nursery.

Yuliarti, Nurheti. 2009. 1001 Cara menghasilkan Pupuk Organik. Andi Ofset. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License