Pengaruh Kompres Aloe vera Terhadap Flebitis Akibat Pemasangan Infus (IV Line)

Rentawati Purba, Rostiodertina Girsang

Abstract


Flebitis dapat menghambat tindakan medis melalui vena, akses cairan, obat dan nutrisi yang akan diberikan pada pasien, selain itu flebitis juga dapat menyebabkan peningkatan resiko infeksi dan bahkan sepsis.Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui skala flebitis dengan pemberian kompres aloe vera pada pasien yang terpasang infus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan quasy eksperiment dan menggunakan desain (one-group pre-post test design) . Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Teknik pengambilan sampel penelitian ini mengunakan teknik non probably sampling menggunkan metode Consecutive sampling sejumlah 31 orang. Data diperoleh melalui skala observasi dan di lakukan uji statistic dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan skala nyeri yang dialami oleh responden yang mengalami flebitis dimana rata –rata responden terlhat ada perubahan gejala yang awalnya ada tanda gejala flebitis setelah diberikan kompres aloe vera tanda dan gejala itu berkirang dan bahkan ada responden yang tidak lagi merasakan gejala flebitis tersebut. Dari hasil uji statistik wilcoxon diperoleh hasil bahwa p Value = 0,000< α = 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan  pemberian kompres aloe vera terhadap perubahan derajat  flebitis. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa  pemberian kompres aloe vera juga terbukti efektif dan bermanfaat dalam penanganan flebitis. Diharapkan tenaga kesehatan khususnya perawat dapat menerapkan terapi nonfarmakologi seperti pemberiankompres aloe vera untuk penanganan flebitis sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih berkualitas dan dapat  dilakukan dengan lebih tepat.

Keywords


Aloe vera, Flebitis

Full Text:

PDF

References


Budiarti, K., Subagja, Y., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Penanganan Flebitis dengan Lidah Buaya terhadap Penurunan Flebitis di RS Intan Husada. Jurnal Medika Cendikia, 5(02), 117-123. https://doi.org/10.33482/medika.v5i02.86

Hasannah, dkk.(2017), Menurunkan derajat Flebitis Akibat terapi Intravena pada Anak dengan Kompres Aloe Vera.Jurnal Program studi ilmu keperawatan Universitas Riau.Hal.1-9.

Ningsih, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya plebitis pada pasien yang terpasang infus di ruang rawat inap RS monginsidi Manado. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Nugraini, Y.C. (2014). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian plebitis pada pasien anak di ruang Pinus Eka Hospital BSD (Skripsi, Tidak dipublikasi). Universitas Esa Unggul. Diperoleh dari http://digilib. esaunggul.ac.id/analisis- faktorfaktor-yang-berhubungandengan-kejadian-pl ebitis-pada-pasien-anakdi-ruang- pinus-eka-hospitalbsd skripsi-2458.ht ml

Nugroho, Cahyo (2016) Analisis Faktor Resiko Kejadian Flebitis Di Ruang Mawar Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Potter, PA, Perry AG. 2011. Foundamental Of Nursing, 7thEdition, Alih Bahasa : Diah, dkk. Salemba Medika : Jakarta.

Putri, Imram Radne Rimba,2016, Pengaruh Lama Pemasangan Infus dengan Kejadian Flebitis pada Pasien Rawat Inap di Bangsal Penyakit Dalam dan Syaraf Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Journal Ners And Midwifery Indonesia.

Sitorus, Friska Ernita, 2019, Pengaruh Kompres Aloe Vera terhadap Flebitis Akibat Pemasangan Infus (IV Line); Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF)

Suzanna. J.D., D’ Souuza. S.W., & Malarvizhi. M (2014). Effectiveness of fresh Aloe Vera and glycerine magnesium sulphate: Application on phlebitis among children. International Journal of Current Research. Diperoleh dari http://www.journalcra.com/sites/default/files/5659_0.pdf.

Zhang, G. H., Yang, L., Chen, H. Y., Chu, J. F., & Mei L. (2014). Aloe Vera for prevention and treatment of infusion phlebitis. Cochrane Database Syst Rev (6)




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License