Peningkatan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Berbasis Proyek di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Keluarga Kota Pematangsiantar

Irwan Lihardo Hulu, Dian Perayanti Sinaga

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran biologi SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA-1 SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerjasama antara guru, dan peneliti. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes berpikir kritis yang berjumlah 20 soal, dan sikap ilmiah siswa diukur menggunakan lembaran observasi. Sebelum dijadikan alat pengumpul data instrumen yang telah disusun terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil peningkatan berpikir kritis siswa yakni pada siklus I sebesar 64,50 lalu meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,50. Pada sikap ilmiah siswa dari setiap pertemuan mengalami peningkatan, yang pada siklus I meningkat menjadi 55% pada pertemuan 1, lalu meningkat kembali menjadi 60% pada pertemuan II. Dan pada siklus II sikap ilmiah siswa meningkat menjadi 75% pertemuan 1 dan meningkat menjadi 85% pada pertemuan 2 siklus II. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa di kelas X SMA YPK Pematangsiantar

Keywords


Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, PJBL

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. 2015. Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2 (5): 103-114.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Fakhruddin, Eprina, E,. dan Syahril. 2011. Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains, 4 (1): 18-22.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hung, C.M., Hwang, G.-J., & Huang, I. (2014). A Project-Based Digital Storytelling Approach For Improving Students' Learning Motivation, Problem-Solving Competence And Learning Achievement. Educational Technology & Society Journal, 15 (4): 368–379.

Lufri. 2014. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek, dan Penelitian. Padang: Negeri Padang University Press.

Marlinda, N. L. P. M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Tesis. Bali: Program Pascasarjana Undiksha.

Munawaroh, A., Christijanti, W., dan Supriyanto. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Unnes Journal Of Biology Education, 2 (1): 91-98

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purworini, S. E. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind Studi Kasus di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 1 (2): 17-19.

Sihotang. 2014. pengaruh Pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran. Tesis.

Yalcin, A., Turgut, U., dan Buyukkasap, E.2017. The Effect Of Project Based Learning On Science Undergraduates’ Learning Of Electricity, Attitude Towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal Of Educational Sciences, 1 (1): 81-105




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License