Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Pesantren Modern Al Barokah Melalui Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatan Biopori

Muhammad Komarul Huda, Salome Rajagukguk

Abstract


Sampah yang dihasilkan manusia 60-70% merupakan sampah organik dan selebihnya sampah anorganik. Sementara pengelolaan sampah masih belum berjalan dengan baik, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk itu perlu ditanamkan kepedulian lingkungan sejak dini agar menjadi kebiasan-kebiasan baik dan guru juga menjadi contoh bagi siswa-siswanya. Maka perlu dilakukan penelitian penguatan karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah dan pemanfaatan biopori guna membangun budaya peduli lingkungan di Pesantren modern al barokah. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kepedulian lingkungan dari siswa kategori rendah (32,92%) hingga tinggi (80,42%), berdasarkan tiga treatment dalam penguatan karakter peduli lingkungan antara lain: edukasi pemilahan sampah dan biopori, pembuatan lubang resapan biopori, pengelolaan sampah organik dan anorganik

Keywords


Karakter Peduli Lingkungan, Pengelolaan Sampah, Biopori

Full Text:

PDF

References


Abas Asyafah. (2010). Mendidik karakter dengan pengamalan dan pembiasaan. 352–364.

Asih, N. T. (2018). PENGELOLAAN SAMPAH DI SEKOLAH ( Studi Tentang Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 3 Bancarkembar Kabupaten Banyumas ). 8.

Hartatik, H. (2016). Pengaruh Gerakan Jumput Sampah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Dan Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Sekolah Di Sd Nu Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 827. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1088.

Hasanah, I., Husamah, H., Harventy, G., & Satiti, N. R. (2018). Implementasi Sekolah Sedekah Sampah Untuk Mewujudkan Pengelolaan Sampah Berbasis Filantropi di SMP Muhammadiyah Kota Batu. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 283–290. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14364.

Juliandari, M. (2013). Efektivitas Lubang Resapan Biopori Terhadap Laju Resapan (Infiltrasi). Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jtllb.v1i1.3441.

Mangun Budiyanto dan Imam Machali. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 109–122. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2784.

Mulyana, R. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli Dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(2), 175–180.

Nurul Inayah, & Ribut Suprapto. (2017). Pendidikan Karakter melalui Pembentukan Bank Sampah Berbasis Pesantren di PP Ibnu Sina Genteng Banyuwangi. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.29062/engagement.v1i1.4.

Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421.

Siti Kusuma Wuryanti. (n.d.). Aksi 9R dalam Pengelolaan Sampah demi Lingkungan yang Lebih Baik. Retrieved from foresteract website: https://foresteract.com/aksi-9r-dalam-pengelolaan-sampah-demi-lingkungan-yang-lebih-baik/

Surakusumah, W. (2009). Konsep pendidikan lingkungan di sekolah: model uji coba sekolah berwawasan lingkungan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/197212031999031-WAHYU_SURAKUSUMAH/Konsep_Pendidikan_Lingkungan_Hidup.pdf

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Aspirasi, 5(1), 71–84. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v5i1.447

Taufan Adharsyah. (2019). Sebegini Parah Ternyata Masalah Sampah Plastik di Indonesia. CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190721140139-33-86420/sebegini-parah-ternyata-masalah-sampah-plastik-di-indonesia

Tolib, A. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu. Risalah, 1(1), 60–66.

Trahati, M. R. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI TRITIH WETAN 05 JERUKLEGI CILACAP. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Whasfi Velasufah, A. R. S. (2019). Nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter. Pelλntan, (September), 1–8.

Yohana, C., Griandini, D., & Muzambeq, S. (2017). Penerapan Pembuatan Teknik Lubang Biopori Resapan Sebagai Upaya Pengendalian Banjir. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 296–308. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.10




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License