Efektivitas Penerapan Penggunaan Laboratorium Riil Dalam Tatanan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Pematangsiantar

Sumarny Tridelpina Purba, Thiur Dianti Siboro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas penerapan penggunaan laboratorium riil dalam tatanan pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains siswa di SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian tindakan kelas yang mencakup Siklus I dan Siklus II dengan menggunakan Laboratorium Riil dalam tatanan pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, LKS, soal pretest, dan soal postest. Teknik pengambilan data adalah dengan observasi, dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan proses sains yang diperoleh pada penelitian ini, berada dikategori “cukup” dan “baik”. Kemudian rata-rata peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pebelajaran berbasis masalah yang memiliki rentang perbedaan yang besar dari siklus I sampai siklus II dimana dapat dikategorikan dari sedang menjadi tinggi. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan penerapan penggunaan laboratorium rill dalam tatanan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada kelas XI SMA Negeri 6 Pematangsiantar

Keywords


Laboratorium, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Adesoji, F. A. & T. L. Ibraheem. 2009. Effects of Student Team Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowlegde on Learning Outcomes in Chemical Kinetics. The Journal Of International Social Research, 2(6) : 16-25. Anni, T. C. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno S. & Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Mulyati. 2005. Psikologi Belajar.Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License