Gambaran Tingkat Nyeri Dismenorea Pada Remaja Putri

Husna Sari, Erlina Hayati

Abstract


Nyeri menstruasi atau dismenore sering dialami oleh beberapa wanita khususnya di usia reproduktif, bahkan angka kejadian dismenore di dunia sangat besar. Rata-rata lebih dari 50% wanita mengalami dismenore di setiap negaranya. Beberapa perempuan yang merasakan sakit yang tidak tertahankan saat menstruasi dapat berpengaruh terhadap 50% aktivitas harian pada perempuan usia produktif, dan 85% pada remaja putri usia belasan tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan nyeri desminorea pada remaja putri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Sample dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden pada rentang usia 16-18 tahun, mayoritas  berusia 17 tahun sebanyak 12 responden (48%), dan usia minimal 18 tahun sebanyak 2 responden (8%). Remaja putri pada kelompok intervensi berdasarkan kelas mayoritas yakni kelas X SMA sebanyak 12 responden (48%) dan minimal kelas XII sebanyak 4 responden (16%). Rata-rata tingkat nyeri dismenorea pada kelompok intervensi adalah mayoritas nyeri sedang 12 orang (48 %) dan minoritas nyeri berat 4 orang (16%). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan kepada remaja putri untuk dapat menambah pengetahuannya mengenai tingkat nyeri dismenorea dan upaya penanganannya

Keywords


Tingkat Nyeri, Dismenorea, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Atikah Proverawati, S. M. 2018. Menarche. Yogyakarta: Nuha Medika.

Handika, W. 2010. Efektivitas Jus Wortel (Daucus Carota L) Terhadap Penurunan Derajat Dismenore pada Remaja Putri Mahasiswa Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi. Prodi Ilmu Keperawatan Stikes Aisyiyah. Yogyakarta.

Laila. 2011. Efektivitas Senam Dismenore dalam Mengurangi Nyeri Dismenore Pada Remaja Putri. Phederal Vol.4 No.1: Jakarta.

Luh Yuning Junianan Dewi, Ni & Runiari, N. 2019. Derajat Disminorea Dengan Upaya Penanganan Pada Remaja Putri, Jurnal Gema Keperawatan. Vol. 12 no. 2, hal. 114-120.

Rakhma, A. 2012. Gambaran derajat Dismenore dan upaya penanganannya pada siswi Sekolah Menengah Kejuruan Arjuna Depok Jawa Barat. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

WHO. 2015. Profil Kesehatan Dunia




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License