Evaluasi Aplikasi Berbasis Power Point Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Metode Etnobiologi

Salwa Rezeqi, Aswarina Nasution, Abdul Rasyid Fakhrun Gani, Elviani Br Ginting, Emelia Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi aplikasi berbasis power point sebagai sumber belajar pada materi metode etnobiologi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan aplikasi berbasis wtpptconverter pada materi metode penelitian etnobiologi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan yang mengambil mata kuliah etnobiologi pada tahun 2019/2020 berjumlah 25 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 25 mahasiswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttest dan wawancara. Hasil pada penelitian ini adalah kelayakan isi aplikasi 80,5% dalam kategori layak dan kelayakan bahasa 80,8% dalam kategori layak. Hasil uji postest mahasiswa adalah 77,74% untuk pengetahuan metode etnobotani, 60,48% untuk analisis penggunaan metode, dan 74,17% untuk kepekaan terhadap masalah lingkungan dan solusinya. Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa tertarik menggunakan aplikasi karena memiliki tampilan dan isi yang baik, akan tetapi perlu pengembangan isi konten materi. Dan menurut mahasiswa aplikasi memudahkan mahasiswa dalam menggunakan dan menerapkan metode penelitian etnobiologi dalam kehidupannya sehari-hari. Kesimpulan pada penelitian ini adalah aplikasi sudah baik untuk diterapkan dalam pembelajaran metode penelitian etnobiologi tetapi perlu adanya perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

Keywords


Aplikasi, Etnobiologi, Sumber Belajar, Metode Penelitian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2).

Adinugraha, F. (2020). Potensi Reresik Sumur Pitu Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 16–32. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6490

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5.

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Rineka.

Fauziah, M., Sulaeman, Y., & Chandra, C. (2020). Pengembangan Lks Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1559

Gani, A. R. F., & Arwita, W. (2020). Kecenderungan Literasi Informasi Mahasiswa Baru Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 145–150. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index

Gani, A. R. F., Arwita, W., Syahraini, S., & Daulay, N. K. (2020). Literasi Informasi Dalam Tugas Mini Riset Mahasiswa Baru Jurusan Biologi Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3), 174–180.

Iskandar, J. (2016). Etnobiologi dan Keragaman Budaya di Indonesia. UMBARA : Indonesian Journal of Anthropology, 1(1).

Jailani, M. S. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Khaerunnisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1).

Larlen. (2012). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Kelas X SMA Pelita Raya Jambi. Jurnal Pena, 2(2).

Marsa, P. B., & Desnita, D. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 81. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/422

Mclsaac, M. S., & Gunawardena. (1996). Handbook of Research for Educational Communications and Technology. AECT.

Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Desain Research. Enschede.

Rezeqi, S., & Handayani, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pterydopyta Berbasis Herbaruim. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1), 38–41.

Rezeqi, Salwa, Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(2), 080–086.

Sanjayanti, N. P. A. H., Darmayanti, N. W. S., Qondias, D., & Sanjaya, K. O. (2020). Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 407–415.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suryani, E., & Ayu, W. (2018). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Sumbawa Kabupaten Sumbawa Besar. Jurnal UIN Mataram, 17(1).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, June, 1–17




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License