Perbedaan Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Motorik Anak Lahir Normal dan Sectiocaesarea (Studi Kasus Anak Usia Toodler 1-3 Tahun) di Kecamatan Biru-Biru Tahun 2019

Fithri Handayani Lubis, Bunga Mari Sembiring

Abstract


Latar Belakang: Pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik anak dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah proses persalinan. Proses persalinan dibedakan menjadi 2 yaitu proses persalinan spontan dan sectio caesarea. Perkembangan awal maturasi otak pada bayi dipengaruhi oleh mekanisme reflek diantaranya reflek primitif dalam kandungan, reflek lahir, reflek primitif setelah lahir dan reflek natural. Proses persalinan spontan menyebabkan bayi secara aktif mengalami reflek lahir, sedangkan bayi yang dilahirkan secara sectio caesarea tidak mengalami reflek lahir. Tujuan: Menganalisis perbedaan pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik anak lahir normal dan sectio caesarea. Metode: Quasi Experiment dengan desain kasus kontrol terhadap 45 anak usia toodler, pada kelompok kasus dan 45 anak usia toodler. Hasil: Berdasarkan hasil analisis dengan uji Mann-Whitney  diketahui bahwa hasil nilai Z hitung variabel Perkembangan -1,627 dengan nilai sig. 0,104 dan pada variabel Pertumbuhan menunjukkan nilai Z hitung -2,852 dengan nilai sig. 0,003. Simpulan: Tidak ada perbedaan Perkembangan Motorik Anak Lahir Normal dan Sectiocaesarea dan ada perbedaan pertumbuhan Fisik Anak Lahir Normal dan Sectiocaesarea

Keywords


Perkembangan Fisik, Perkembangan Motorik, Anak, Lahir Normal, Sectio caesarea

Full Text:

PDF

References


Addriana Bulu Baan, Hendriana Sri Rejeki, Nurhayati, Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungaputi Volume 6, Nomor 1 (2020).

Devi Nurhayati, Latifah Susilowati, Pemberian Stimulasi Pertumbuhan dan perkembangan oleh Ibu Berhubungan Dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes --------------- Volume 11 Nomor Khusus, Januari-April 2020 p-ISSN 2086-3098 e-ISSN 2502-7778. DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf11nk106

Deoni, S. C. L., Dean, D. C., Remer, J., Dirks, H., & O’Muircheartaigh, J. 2015. Cortical maturation and myelination in healthy toddlers and young children. NeuroImage, 115, 147–161Fitriani, Inna Sholicha; Oktobriariani, Rona Riasma. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indonesian Journal for Health Sciences, 2017. ISSN 2549-2748. doi:http://dx.doi.org/10.24269/ijhs.v1i1.383.

Entoh, C., Noya, F., & Ramadhan, K. (2020). Deteksi Perkembangan Anak Usia 3 Bulan – 72 Bulan Menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-14. https://doi.org/10.33860/pjpm.v1i1.72

Hati FC, Lestari P. Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 2016;4(1):44.

Herlina, Sara (2018) ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan pertumbuhan bayi 6-12 bulan di Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Endurance, DOI: http://doi.org/10.22216/jen.v3i2.3089

Ilmiya, Istifadatul, (2017). Perbedaan Pertumbuhan pada Batita dengan riwayat Berat Lahir Normal dan Riwayat Berat Badan Lahir Rendah di Puskesmas Gampang I. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Imelda. Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi Dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 tahun) di Banda Aceh. Idea Nursing Jurnal. 2017;8(3).

Rambe, Nova Linda, Br Sebayang, Wellina, Pengaruh Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) terhadap peningkatan kepatuhan ibu dalam pemantauan perkembangan anak. Journal Health of Studies Vol 4, No.1 Maret 2020, pp. 79-86. ISSN 2549-3353. Doi: https://doi.org/10.31101/jhes.

Rosita Rahel Enamberea, Maria Dyah Kurniasarib, Daryc , Kukuh Pambuka Putrad. Pemberian Asi Eksklusif, Susu Formula Dan Kombinasi Keduanya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 6-11 Bulan Di Puskesmas Cebongan Salatiga. / Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.11 No.1 (2020) 13-26

Sunarsih T. Pertumbuhan dan perkembangan Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2018




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License