Analisis Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom Bagi Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Sukirno ,

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom bagi mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Hasil dari penelitian diharapkan bagi Dosen dan Mahasiswa dapat menjadi inspirasi pengetahuan dalam menerapkan pembelajaran secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom pada masa pandemi Covid-19.  Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Metode dalam kajian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 38 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Teknik pengumpulan data berupa data primer dalam penelitian ini menggunakan alat/instrument penelitian sebagai berikut; (a) observasi; (b)  wawancara; (c) Angket. Teknik analisis data dalam penelitian  secara  lengkap  menggunakan  tiga  alur  kegiatan secara bersamaan yaitu; Reduksi Data; Penyajian Data, Penyimpulan Data. Hasil dari penelitian adalah reduksi data terdiri dari beberapa aspek didalam memberikan informasi dari hasil penelitian dari proses pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi zoom yaitu (a) membuat link aplikasi zoom; (b) tampilan awal zoom; (c) tampilan kelas mengikuti via zoom; (d)  video conference zoom; penyajian data yang dilaksanakan oleh peneli dalam rangka proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom untuk mengukur pemahami mahasiswa, maka dilakukan dengan menyebarkan angket. Penyebaran angket dilakukan dengan menggunakan aplikasi melalui google classroom; Penyimpulan data yang dihasilkan dalam penelitian bahwasanya penggunaan aplikasi zoom merupakan media pembelajaran yang efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran bagi Dosen dan Mahasiswa dengan materi pengantar Pendidikan Program Studi Guru Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra.

Keywords


Daring, Aplikasi Zoom, PGSD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brahma. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara Jurnal Pendidikan Nonformal. 6, (2): 97-102.

Chen, M.C., Cheng, S.J., Hwang, Y. 2005. “An empirical investigation of the relationship between intellectual capital and firms’ market value and financial performance”. Journal of Intellectual Capital. Vol. 6 No. 2. pp. 159-176.

Firman, (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science Volume 02, No 02 Maret 2020 , 82.

Junita & Fitriawati. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19: Jurnal Ilmu Komunikasi, IX (2), 1630 -1640.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of The ICECRS, 13–34. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1377

Nahar. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran”. J. Nusant. (Ilmu Pengetah. Sos., vol. 1, no. 1, p. 3, 2016.]

Nurjati. “Bab II Pembelajaran Akidah Akhlak, Basis Humansitik, Pendekatan Active Learning”. pp. 39–104, 2002.

Putri, M. K. (2011). Implementasi ELearning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ramadhani. (2020). Analisis Kecemasan Belajar Siswa/Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. Journal of Education1(1). https://www.researchgate.net/publication/341591611_ANALISIS_KECEMASAN_BELAJAR_SISWAMAHASISWA_TERHADAP_PENGGUNAAN_APLIKASI_ZOOM_CLOUD_MEETING

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran.Depok: PT Raja Grafindo Persada. Putri, M. K. (2011). Implementasi ELearning pada SMA Negeri 2 Surakarta Menggunakan PHP dan Mysql (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1 314

Surjono, H. D. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle.http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2010/10/Me mbangun-Course-Elearning-berbasis-Moodle-Okt2010.pdf.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). I ndonesian J ournal of I nformatics E ducation The Influence of the Use of E- learning to Student Cognitive Performance and Motivation in Digital Simulation Course. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(2), 41–48.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License